Sukses

Suara Ledakan Terbesar di Dunia yang Terekam oleh Manusia

Suara ledakan kerap kali membuat sebagian orang khawatir dan cenderung menghindar agar tidak terjadi sesuatu yang diinginkan

Liputan6.com, Jakarta - Suara ledakan umumnya terdengar secara tak terduga di telinga kita. Bahkan, banyak yang mempertanyakan asal usul suara ledakan tersebut.

Namun, pada beberapa momen tertentu, suara ledakan kerap kali diketahui manusia. Bahkan, suara tersebut bisa terekam jelas oleh manusia dan diabadikan.

Dirangkum dari berbagai sumber, berikut suara ledakan terbesar di dunia yang pernah terekam oleh manusia. Sehingga, membuat kapok dan trauma pada diri si pendengarnya.

Roket Saturn V

Saat roket ini diluncurkan pada 9 November 1967 perlu kalian tahu suara yang terekam pada saat peluncurannya sebesar 204 desibel. Sampai-sampai suaranya tampak mengerikan seperti gerungan keras bilamana didengar menggunakan telinga secara langsung.

Dari hasil data yang didapatkan bila roket saturn V beroperasi selama 6 tahun yang dimulai sejak tahun 1967 sampai dengan tahun 1973.

Tsar Bomba

Bom yang ini seringkali disebut sebagai raja dari segala bom. Pada saat itu, bom yang satu ini dimiliki oleh Uni Soviet dan diledakan pada 30 Oktober 1961.

Bahkan konon katanya, kekuatan bom besar yang satu sebanyak 10 kali lipat bom yang pernah diledakan pada perang dunia kedua. Mengapa demikian, karena bom milik Uni Soviet ini pernah terekam oleh manusia sebesar 224 desibel.

Saksikan video pilihan berikut ini: 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Gunung Krakatau

Sudah banyak yang tahu, saat gunung yang ada di Indoensia ini meletus pada tahun 1883, hampir seluruh dunia menjadi gelap akibat abu yang dimuntahkan oleh gunung yang satu ini.

Suara ledakan gunung Krakatau saat meletus yakni sebesar 310 desibel. Bukan main suara yang dihasilkan saat meletus, kan?

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.