Sukses

Rekomendasi Makanan Pas Musim Hujan, Segar dan Bikin Imun Kuat

Liputan6.com, Bandung - Musim hujan sering jadi objek kesalahan kalau orang-orang mulai meler, batuk-batuk, atau masuk angin. Katanya, efek cuaca atau lagi musim hujan.

Padahal, mereka datang tidak membawa kesalahan. Mungkin efek domino manusianya sendiri yang terlalu sering mengonsumsi makanan tinggi gula, pengawet, makanan kemasan, atau kurang makan makanan yang asli atau tidak instan.

Penyakit tersebut bisa diatasi dengan makan-makanan yang sehat dan bergizi tinggi. Makanya, musim hujan dan cuaca yang tidak menentu membuat kondisi tubuh mulai tidak fit sehingga tubuh memerlukan asupan yang tinggi nutrisi.

Jadi, makanan yang pas musim hujan mesti yang baik bagi tubuh, bukan digempur dengan makanan yang bikin imunitas turun. Memang, apa saja sih makanan yang baik dan cocok dimakan pas musim hujan?

**Gempa Cianjur telah meluluhlantakkan Bumi Pasundan, mari bersama-sama meringankan penderitaan saudara-saudara kita di Cianjur dengan berdonasi melalui: rekening BCA No: 500 557 2000 A.N Yayasan Pundi Amal Peduli Kasih. Bantuan akan disampaikan dalam bentuk sembako, layanan kesehatan, tenda, dll. Kepedulian kita harapan mereka.

2 dari 5 halaman

Soto Kuning

Soto dengan kuah kuning cocok banget dimakan sebagai makanan penuh manfaat. Selain kuah kaldu dan kuning yang berasal dari rempah-rempah dan kunyit, isi dari soto tersebut adalah sayuran mentah seperti kol, tauge, tomat segar, kentang, dan daging.

Dalam satu mangkok, kita sudah bisa melengkapi kebutuhan nutrisi tubuh dari sayuran, protein, dan karbohidrat. Pastikan soto penuh dengan sayuran yang lebih banyak daripada karbohidrat agar badan semakin sehat.

Makan selagi hangat agar lebih pas dengan cuaca yang sedang hujan. 

 

3 dari 5 halaman

Sup Ayam/Daging

Membuat sup ayam atau sup daging harus selezat buatan ibu. Jangan sampai mengandalkan bumbu instan karena akan merusak rasa dan tentu tidak sesehat sup yang asli dari rempah-rempah.

Masukkan jahe, bawang putih, dan rempah-rempah lain yang membuat rasa sup semakin kaya. Masukkan sayuran seperti wortel, buncis, kentang, seledri, serta proteinnya yang berasal dari daging ayam atau daging sapi agar melengkapi kebutuhan nutrisi harian.

4 dari 5 halaman

Sup Ikan

Masih dengan nuansa sup, tentunya makanan berkuah semakin membuat hangat badan dan menyamankan tenggorokan. Sup ikan bisa dibuat dari beragam macam rempah seperti jahe, kunyit, daun salam dan sereh, serta daun kemangi agar sup semakin kaya akan rasa.

Masukkan ikan seperti tuna, patin, kakap, atau salmon agar sup ikanmu menjadi makanan yang pas dimakan di malam hari sambil menunggu hujan reda. 

5 dari 5 halaman

Bakmi Godhog

Paling pas kalau pas hujan makan bakmi godhog ala Jawa. Pastikan tidak menggunakan mi instan atau berbahan terigu jika ingin menghindari gluten supaya pencernaan semakin baik.

Supaya makan bakmi lebih enak dan sehat, coba pergi ke tempat penjual bakmi legendaris agar pembuatannya benar-benar dibuat dari tangan sendiri, bumbunya dari bumbu dapur alias bukan bumbu instan, dan dibuat saat itu juga. Jika kamu bisa membuatnya sendiri di rumah, tentu hal itu lebih baik. Gunakan mi yang tidak dibuat dari terigu seperti kwetiaw, lethek, shirataki, atau bihun.

 

Penulis: Fathia Uqimul Haq

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.