Sukses

5 Tempat Kursus Renang di Kota Bandung, Auto Jago Mengambang di Air

Berenang berarti menggerakan badan di air, mengandalkan kaki dan tangan agar badan bisa mengapung di permukaan air.

Liputan6.com, Bandung - Renang adalah jenis olahraga air yang dilakukan dengan berbagai macam gaya. Selain dilakukan untuk kompetisi, renang untuk olahraga ada banyak manfaatnya bagi kesehatan.

Renang tak hanya yang dilakukan dalam kolam renang, tetapi juga bisa dilakukan di sungai, laut, bak mandi, dan tempat luas lain yang bisa menampung banyak air.

Berenang berarti menggerakan badan di air, mengandalkan kaki dan tangan agar badan bisa mengapung di permukaan air, baik dalam air tawar maupun air asin.

Salah satu cabang olahraga ini bisa diajarkan pada semua umur, baik itu anak-anak maupun orang dewasa. Bayi yang berumur beberapa bulan juga sudah bisa diajarkan renang.

Bagi Anda yang tinggal di sekitar Kota Bandung dan ingin belajar renang, ada beberapa jasa kursus renang di Bandung yang sangat direkomendasikan. Kursusnya pun bisa secara privat maupun umum dan harga kursus renangnya cukup terjangkau dengan para pelatih yang profesional. Berikut rekomendasinya.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 6 halaman

1. Sensen Swimming School

Alamat: Jalan Wastukencana Nomor 81, Tamansari, Kecamatan Bandung Wetan, Kota Bandung, Jawa Barat 40116.

Sensen Swimming School merupakan salah satu jasa kursus renang terbaik di Kota Bandung. Mereka memiliki pelatih bersahabat dan ramah yang sungguh-sungguh memperhatikan keselamatan anak dan suasana meyenangkan selama ada di kelas renang.

Bayi dan balita usia 4 bulan hingga 3 tahun juga masuk dalam program kursus renang di sini. Para pengajarnya mengajarkan kemampuan menjaga diri untuk anak agar mereka aman melakukan aktivitas di dalam air.

Program lainnya adalah kursus renang anak usia 3-12 tahun, anak yang sudah bisa berenang sendiri 10-25 meter, hingga anak yang sudah bisa berenang sendiri 25-100 meter menggunakan gaya punggung dan gaya bebas.

Selain itu, ada program akademik, yaitu pelajaran renang untuk anak usia 12 tahun-12 tahun ke atas.

3 dari 6 halaman

2. Dolphin Swimming Club

Alamat: Jalan Batununggal Indah IV, Mengger, Kecamatan Bandung Kidul, Kota Bandung, Jawa Barat.

Dolphin Swimming Club merupakan klub renang yang berada di Kota Bandung. Tempat kursus renang ini memiliki layanan jasa seperti les renang privat dan klub prestasi.

Privat renang merupakan pelatihan renang dasar, dari belum bisa berenang sampai dengan bisa berenang. Sedangkan, klub prestasi merupakan lanjutan dari privat renang.

Selain itu, Dolphin Swimming Club juga dapat mengikutsertakan anggota dalam kompetisi renang. Keikutsertaan dalam kompetisi ditentukan oleh pelatih yang bersangkutan.

Tempat kursus renang ini cukup ini memang dikenal sebagai tempat kursus untuk para atlet dan juga para pelajar yang hendak mengikuti kuis kejuaraan renang.

4 dari 6 halaman

3. Maestro Swim

Alamat: Kolam Renang Oasis, Jalan Lombok Nomor 10, Merdeka, Kecamatan Sumur Bandung, Kota Bandung, Jawa Barat.

Maestro Swim adalah klub olahraga renang terkemuka di Kota Bandung. Selain di Bandung, Maestro Swim juga bisa ditemukan di wilayah Jabodetabek.

Sejak berdiri 2011, Maestro Swim telah melatih ribuan anak dan orang dewasa dalam menguasai kemampuan berenang.

Ada beberapa program renang yang ditawarkan kursus renang ini. Pertama, Private Swim Training, yaitu belajar renang dengan privat 1 orang, 2 orang, atau lebih. Dari kemampuan dasar renang, hingga belajar berbagai gaya dalam renang bisa kamu pelajari di sini. Para pelatihnya juga adalah profesional di bidangnya.

Program kedua yakni Aqua Therapy. Bagi Anda yang memiliki riwayat penyakit seperti asma, cedera, atau kendala lainnya bisa mengikuti ini. Terbukti dengan berolahraga renang dapat membantu mengatasi berbagai kendala kesehatan. Konsultasikan terlebih dahulu dengan dokter Anda, dan Maestro Swim kami akan mencarikan pelatih yang tepat untuk jenis kendala kesehatan yang Anda alami.

Program ketiga adalah Baby Swim. Melalui program ini, kemampuan motorik anak dilatih sejak dari bayi. Simulus motorik anak berlaku untuk seluruh anggota badannya. Selain itu juga bunda atau papanya bisa ikut berinteraksi langsung di dalam air pada program Baby Swim ini.

5 dari 6 halaman

4. AH 14 Swimming School

Alamat: Jalan Terusan Sutami IV Nomor 29, Sukagalih, Sukajadi, Kota Bandung, Jawa Barat.

Tempat kursus renang berikutnya di Kota Bandung adalah AH 14 Swimming School. Tempat kursus renang ini dulunya bernama Garut Swimming School (GSS) yang didirikan Satya Handayani, alumni FPOK UPI.

Di Bandung, klub ini kini bernama AH 14 SS. Pengajarnya merupakan atlet-atlet GSS yang membuka les renang di Bandung. Pelatih di AH 14 SS sendiri sangat berpengalaman karena merupakan atlet renang yang sudah banyak mengikuti perlombaan dan juga pelatih yang sudah mengikuti berbagai pelatihan renang.

Meskipun masih tergolong baru, tetapi jumlah peserta kursus renang cukup banyak. Bagi yang hendak belajar renang di tempat kursus ini, harus melakukan registrasi terlebih dahulu. Biaya registrasi sebesar Rp100.000 per orang.

6 dari 6 halaman

5. Kampoeng Belajar Swimming Club

Alamat: Jalan Sindanglaya, Jalan Tamansari Bukit Bandung Blok A1, Sindang Jaya, Kecamatan Mandalajati, Kota Bandung, Jawa Barat.

Kampoeng Belajar Swimming Club merupakan klub olahraga yang bergerak untuk meningkatkan kemampuan gerak anak dan membantu meningkatkan gerak secara specifik di alam terbuka dan air.

Untuk kelas renangnya sendiri terdiri atas empat kelas. Pertama, kelas terapi anak (Autism, ADHD, gangguan perilaku, gangguan emosi, gangguan psikososial, kurang konsentrasi, dan metal retarted). Kemudian, ada kelas hidro terapi (gangguan gerak, syaraf kejepit, dan penyembuhan cedera).

Selain itu, ada kelas privat dan kelas reguler. Kelas ini menawarkan latihan secara berkelompok maupun individu. Terakhir, disediakan kelas prestasi bagi anak yang ingin menjadi atlet.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.