Sukses

Saranjana Kota Ghaib: Sekilas Sinopsis hingga Pengalaman Mistis Ari Lasso

Liputan6.com, Purwokerto - Belakangan, nama Saranjana atau Kota Saranjana banyak dibicarakan di media sosial. Kota Gaib ini konon terletak di Kalimantan Selatan.

Saranjana tak ada dalam peta. Pasalnya, sebenarnya kota ini adalah judul dari film besutan DHF Entertainment, berjudul 'Saranjana Kota Ghaib'.

Mengutip berbagai sumber, film yang disutradarai Johansyah Jumberan bersama Ridho Ivander Rama tersebut berdasarkan legenda urban mengenai sebuah kota gaib bernama Saranjana yang dikatakan terletak di provinsi Kalimantan Selatan.

Film yang juga diproduseri dan ditulis naskahnya oleh Johansyah ini rencananya tayang perdana pada awal tahun 2023 dengan dibintangi Adinda Azani, Luthfi Aulia, Irzan Faiq, dan Ajeng Fauziah sebagai pemeran utama.

Film ini juga diperkuat dengan pemeran yang berasal dari Pulau Kalimantan, seperti Putri Intan Kasela, Gusti Gina, Mourys Sam, dan Fauzi Rahman dipilih setelah berpartisipasi dalam penyeleksian pemeran.

 

Saksikan Video Pilihan Ini:

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Sekilas Sinopsis

Alkisah, sebuah grup musik beranggotakan Rendy (Luthfi Aulia), Dion (Irzan Faiq) dan Vey (Ajeng Fauziah) kehilangan vokalis mereka, Shita (Adinda Azani), yang dicurigai diculik ke dalam kota gaib bernama Saranjana.

Film horor ke-2 dari DHF Entertainment setelah Iblis dalam Kandungan tersebut bercerita tentang petualangan sejumlah anak muda di Kalimantan Selatan.

Mereka akan melakukan penjelajahan ke sejumlah daerah rawa, laut, dan gunung yang terkoneksi dengan Saranjana.

Namun, produser belum bersedia memberi sinopsis karena tahapan produksi belum selesai. Gambaran cerita secara utuh masih menunggu proses syuting selesai. Meski kota ini terbilang gaib, Joe mengatakan pihaknya akan coba memvisualisasikannya dengan teknologi kekinian, teknologi CGI (Computer Generated Imagery).

Meski begitu, tim produksi sudah melakukan survei ke sejumlah titik di Kalimantan Selatan, seperti Kotabaru, Hulu Sungai Selatan, dan Hulu Sungai Tengah (HST).

Tiga daerah tersebut bakal dijadikan lokasi utama syuting film ini. Film ini mengangkat unsur kedaerahan.

Produksi film 'Saranjana: Kota Ghaib' diharapkan bisa selesai akhir tahun dan bisa tayang di bioskop.

 

3 dari 3 halaman

Pegalaman Mistis Ari Lasso Konser di Kalimantan

Konon, Kota Saranjana berlokasi di Kabupaten Kotabaru, Kalsel. Kota ini dikenal sebagai kawasan maju yang ditinggali jin atau makhluk halus.

Kisah mistis kota Saranjana beredar di internet. Salah satunya, rumor pembelian sejumlah unit mobil mewah dan alat berat yang alamatnya ditujukan ke Saranjana pada 1980-an.

Sebelum ada internet, warga di Kalsel sudah mendengar kisah mistis Kota Saranjana, dari mulut ke mulut. Belakangan, Kota Saranjana viral lantaran banyak yang mengunggahnya di internet.

Kota Saranjana disinggung oleh penyanyi Ari Lasso. Pengalaman Ari Lasso itu terjadi pada 2005 dan diceritakan kepada Raditya Dika.

Ari Lasso bercerita pernah tampil di satu daerah dengan penonton yang aneh-aneh. Kala itu, dia melihat penonton usianya campur aduk. Jumlahnya sekitar 12-15 ribu penonton. Penonton kadang asyik sendiri, tetapi menurutnya itu biasa saja.

Belakangan, yang ang membuat Ari heran adalah ketika selesai manggung. Saat menyelesaikan lagu terakhir, dia langsung masuk ke mobil yang berada di dekat panggung.

Ketika itu dia masih melihat ribuan orang menggelar pesta kembang api seusai acara konser. Namun, lima menit kemudian, suasana sudah sepi, nyaris tanpa satu pun penonton.

 

Tim Rembulan

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.