Sukses

HB Jassin Diusulkan Jadi Pahlawan Nasional, Tim Pengkaji Mulai Verifikasi Data

Pemerintah Gorontalo mengusulkan Hans Bague (HB) Jassin menjadi pahlawan nasional.

Liputan6.com, Gorontalo - Usulan Pemprov Gorontalo yang ingin menjadikan Hans Bague (HB) Jassin sebagai pahlawan nasional mulai mendapat respons. Hal itu terlihat saat tim Peneliti dan Pengkaji Gelar Pusat (TP2GP) melakukan verifikasi usulan calon pahlawan nasional HB Jassin. 

Tim akhirnya melakukan verifikasi atas usulan yang diajukan oleh Pemerintah dan TP2GD Provinsi Gorontalo beberapa bulan lalu. Verifikasi dilakukan untuk melihat kesesuaian dan kecocokan data yang disampaikan oleh TP2GD Gorontalo ke TP2GP.

"TP2GP sudah melihat semua data-data yang kita sampaikan pada bulan April lalu. Alhamdulillah semuanya cocok, sesuai, dan konsisten dengan yang telah mereka terima," ungkap anggota TP2GD Provinsi Gorontalo, Isman Jusuf.

Isman menjelaskan, selain melakukan verifikasi data, TP2GP juga melihat sejumlah artefak dan tempat yang mengabadikan nama HB Jassin. Lokasi yang dikunjungi oleh TP2GP di antaranya Jalan HB Jassin yang ada di Kota Gorontalo dan Kabupaten Bone Bolango, Perpustakaan Daerah Provinsi Gorontalo, serta ke Bele Li Niku yang merupakan bekas rumah HB Jassin.

"TP2GP selanjutnya akan melakukan rapat pleno di Jakarta untuk memaparkan hasil verifikasi dan kunjungan lapangan. Hasil rapat pleno akan disampaikan ke Dewan Gelar dan Tanda Kehormatan untuk selanjutnya diteruskan ke presiden," ujar Isman.

 

 

 

* Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Harapan Besar

Sementara itu Asisten Bidang Pemerintahan Provinsi Gorontalo, Sukri Botutihe, memohon dukungan dari TP2GP dan Menteri Sosial RI untuk memilih dan menetapkan calon pahlawan nasional yang diusulkan Pemprov Gorontalo.

"Harapan besar dari warga Gorontalo HB Jassin bisa dinobatkan sebagai pahlawan nasional tahun ini," kata Sukri kepada Liputan6.com Senin (25/7/2022).

Menurut Sukri, masyarakat Gorontalo mempunyai banyak tokoh yang berprestasi di bidangnya masing-masing di tingkat nasional dan internasional salah satunya HB Jassin. Oleh karena itu, pihaknya meminta dukungan agar HB Jassin dipilih presiden menjadi pahlawan nasional tahun ini.

"Teman-teman media juga harus mendukung usulan ini, agar putra daerah yang terkenal dengan paus sastra bisa jadi pahlawan nasional," katanya.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.