Sukses

CFD di Tenggarong Kembali Diaktifkan Pasca Pandemi, Digelar Setiap Akhir Pekan

Perhelatan Car Free Day di Kota Tenggarong, Kabupaten Kutai Kartanegara yang ditunggu-tunggu masyarakat kembali digelar.

Liputan6.com, Kutai Kartanegara - Pasca tiga tahun vakum, Car Free Day (CFD) di Tenggarong kembali digelar pada Minggu, 17 Juli 2022 lalu. Kegiatan tersebut berdasarkan keputusan dari Pemerintah Kabupaten Kutai Kartanegara dan menggandeng Kepolisian Resort Kutai Kartanegara.

Pihak Polres Kukar dan dinas terkait juga sudah menggelar rapat terkait teknis penyelengaraannya. Kasatlantas Polres Kukar AKP Afrian Satya mengatakan, kegiatan CFD ini diharapkan menambah semangat masyarakat untuk berolahraga.

Aktivitas ini juga merupakan upaya meminimalisir polusi udara dari asap bahan bakar yang keluar dari masing-masing kendaraan. Selain itu, mengurangi ketergantungan warga terhadap kendaraan.

“Sekaligus sebagai ajang menyampaikan informasi kebijakan pemerintah daerah,” ujar Afrian.

Diketahui, CFD akan digelar akhir pekan, setiap Minggu, dengan durasi waktu 3 jam, terhitung 06.00 Wita hingga 09.00 Wita. Lokasinya mulai dari Bundaran Jembatan Bongkok, Jalan Jenderal Sudirman, Jalan KH Ahmad Muksin, hingga depan Bank Kaltim Tenggarong.

“Semua kendaraan bermotor baik roda dua, roda empat atau lebih dilarang memasuki kawasan car free day,” imbuhnya.

Selain itu pihaknya juga menentukan lokasi steril yang tidak memperbolehkan pedagang untuk berjualan liar. Seperti di badan jalan, trotoar dan taman pada kawasan car free day. Barang yang dijual pun hanya makanan dan minuman persil rumah/pertokoan dengan ijin pemiliknya.

Sebagai informasi, CDF dibagi menjadi tiga zona. Zona pertama, untuk jalur kaki legendaris dengan rute bundaran jembatan bongkok sampai dengan putaran depan kantor bank Kaltimtara.

Diperuntukan untuk jogging track di sepanjang turap sungai mahakam, senam bersama di Taman Creative Park, ruang terbuka TCP dan areal parkir dibawah jembatan repo-repo, Display UMKM dan layanan vaksinasi dan pemeriksaan kesehatan gratis.

Zona dua, jalur khusus gowes atau pesepeda dari depan Bank Kaltimtara sampai simpang 3 kantor KPU Kukar.

Sementara zona tiga, berada di kawasan RPK dan taman Miana Kukar Idaman, Kelurahan Panji. CFD dengan menyajikan berolahraga sambil healing dan edukasi berbagai fasilitas. Yakni areal olahraga perbukitan yang asri, free hotspot, panggung game atau giveaway, senam bersama, live music dan panggung kreatif, stand UMKM, komunitas cat lovers, dan terakhir layanan vaksinasi serta pemeriksaan kesehatan gratis.

Simak video pilihan berikut:

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Perdana CFD Diguyur Hujan

Car Free Day (CFD) Tenggarong perdana digelar pada Minggu (17/7/2022) kemarin. Namun cuaca tidak mendukung, lantaran hujan deras mengguyur Kota Raja tersebut.

Padahal, Pemkab Kukar sudah mempersiapkan secara matang agenda yang sudah vakum selama tiga tahun belakang ini. Rencananya akan dibuka langsung oleh Bupati Kukar, Edi Damansyah.

Selain itu, beberapa kegiatan yang sudah di agendakan pun terpaksa harus ditunda dan ditiadakan sementara. Seperti senam bersama  di zona 1 dan 3 dan olahraga bersepeda di zona 2.

Hal itu diinformasikan oleh melalui media sosial Bagian Protokol dan Komunikasi Pimpinan (Prokom) Setkab Kukar, baik itu di akun facebook mau pun instagram. Isinya menyebut kegiatan akan dilakukan sore hari pukul 15.30 Wita.

“CFD dan senam bersama di zona 1 dan zona baru RPK-Taman Miana Kelurahan Panji diundur pukul 15.30 wita,” isi pesan akun Prokom Kukar. 

Sebagai informasi, Zona 1 lokasinya dimulai dari Bundaran Jembatan Bongkok sampai depan Bankaltimtara. Zona 2, dari depan Bankaltimtara sampai dengan kantor Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kukar.

Sementra Zona 3 merupakan zona baru di RPK Taman Miana Kukar Idaman. Diharapkan walau cuaca hujan masyarakat tetap antusias untuk meramaikan CFD perdana tersebut.

3 dari 3 halaman

Rezeki Pelaku UMKM

Kegiatan CFD disambut antusias oleh warga Tenggarong khususnya para pelaku UMKM setelah tiga tahun vakum. Akibat dari pandemi Covid-19 yang merajalela beberapa tahun terakhir ini.

Pemkab Tenggarong pun menyakini hal tersebut, pihaknya sudah punya strategi agar UMKM Kukar semakin tumbuh dan berkembang. Nantinya ada program dedikasi Kukar Kaya Festival, yang akan dilaksanakan oleh Dinas Pariwisata Kukar.

“Dengan aktifnya CFD, banyak masyarakat yaaang berolahraga, dan berdampak juga terhadap para UMKM yang berjual disepanjang rute CFD,” ungkap Bupati Edi.

Kendati demikian, Edi mengingatkan kepada warga untuk tetap menjaga protokol kesehatan dan mengikuti program vaksinasi. Baik yang belum vaksin satu, dua ataupun booster.

Selain itu, ia mewanti-wanti agar kebersihan lingkungan terjaga dan mengimbau agar masyarakat bisa menjaga kebersihan. Pihaknya pun akan melakukan strategi, salah satunya menambah kuantitas tempat sampah di area CFD.

“Nanti kami evaluasi lagi, karena juga setelah selesai acara banyak sampah yang berserakan, tempat sampah akan kita perbanya,” tuturnya.

Pembukaan CFD dimeriahkan dengan berbagai macam doorprize dan sembako. Mulai dari kulkas, mesin cuci, sepeda, kipas angin hingga ayam dan ikan lele.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.