Sukses

Kerja Sama Bali Duta Mandiri dan Bulgaria, Dubes Iwan Bogananta Inspeksi Langsung

Tenaga profesional di bidang pariwisata Indonesia berpeluang kerja di Bulgaria.

Liputan6.com, Jakarta - Untuk memaksimalkan peran Perwakilan RI dalam perlindungan Warga Negara Indonesia di luar negeri, WNI, Dubes RI Iwan Bogananta melakukan inspeksi ke perusahaan yang akan merekrut tenaga kerja Indonesia, Sabtu, 18 Juni 2022. Dubes sekaligus menyaksikan secara langsung penandatanganan MoU kerja sama antara Emona,Ltd dan PT. Bali Duta Mandiri (BDM) oleh Founder / CEO Vaya Beach Resort Ivan Ivaniov terkait kerjasama suplai tenaga kerja pada sektor perhotelan dan pariwisata di Bulgaria.

Emona 2000, Ltd adalah perusahaan upper managemen pengolahan Vaya Beach Resort Bulgaria. Penandatanganan juga dilakukan secara daring pada Senin, 20 Juni 2022 di mana turut hadir menyaksikan penandatangan MoU, Rektor Institut Pariwisata dan Bisnis Internasional (IPB-Intl), I Made Sudjana beserta jajarannya, Direktur Utama PT. Bali Duta Mandiri, I Nyoman Gede Astina, Pejabat Fungsi Ekonomi KBRI Sofia, Bahana Menggala Bara, Kepala Kanselerai KBRI Sofia Murdi Primbani, Founder/CEO Vaya Beach Resort Ivan Ivanov, dan General Manager Mihail Banov.

Penandatanganan MoU ini merupakan tindak lanjut dari kunjungan pemilik Vaya Beach Resort, Ivan Ivanov ke Indonesia bersama Duta Besar LBBP RI, Iwan Bogananta pada bulan Maret 2022 lalu. Pada saat kunjungan ke Indonesia, Ivan Ivanov telah melakukan penjajakan pada sektor pariwisata dengan bertemu berbagai pihak di antaranya adalah PT. BDM dan IPB-Intl di Bali.

MoU tersebut menghasilkan kesepakatan antara kedua belah pihak untuk membuka peluang pengiriman tenaga profesional di bidang pariwisata seperti tenaga spa, food production, chef, housekeeping, dan tenaga perhotelan lainnya untuk Vaya Resort Bulgaria.

Dubes RI, Iwan Bogananta mengatakan bahwa penandatanganan MoU tersebut, adalah bagian dan upaya membuka lapangan kerja bagi para pencari kerja di Indonesia paska pandemi, lebih dari dua tahun terjadi resesi ekonomi, khususnya pada industri pariwisata sangat terdampak dan banyak Pemutusan Hak Kerja (PHK) di perhotelan.

“Dengan adanya MoU kerjasama tenaga kerja, kami berharap akan kembali menggairahkan para expertise dan pekerja di dunia pariwisata Indonesia untuk mencoba tantangan baru di Bulgaria dan negara kawasan Balkan,” kata Iwan Bogananta.

Dengan melihat situasi dan peluang permintaan tenaga kerja yang akan semakin besar di masa-masa mendatang, Dubes Iwan berpendapat bahwa perlu dipikirkan mekanisme agar KBRI dapat diberikan peran lebih aktif dalam pengawasan penempatan tenaga kerja Indonesia sejak awal, seperti melakukan legalisasi, endorsement perusahaan, sebuah hal yang sangat penting bagi pendataan awal sebelum kedatangan, quality control dan mengurangi perselisihan perburuhan di luar negeri, khususnya antara perusahaan, employer di luar negeri dan pekerja Indonesia.

Pemilik Vaya Beach Resort, Ivan Ivanov mengatakan sejak kunjungannnya ke Indonesia bersama Dubes RI, ia sangat impresif dengan suasana, pelayanan dan bagaimana pemerintah Indonesia mengembangkan sistem di industri pariwisata Indonesia, semua tertata dengan baik dari infrastruktur sampai dengan pengolahan sumber daya manusia.

“Ke depan, kami menargetkan bisa memperkejakan sebanyak 200 orang Indonesia untuk resornya karenan hunian resor sampai saat masih terus melakukan pengembangan,” jelasnya.

Ivan menambahkan, perusahaannya juga tertarik untuk menjadi perusahaan agency dalam menyalurkan tenaga kerja pada Industri pariwisata.

“Peluang sangat besar, Kawasan Balkan memiliki potensi pariwisata namun minim sumber daya manusia yang mampu menyajikan pelayanan terbaik. SDM Indonesia saya akui paling siap dalam pelayanan pada turis,” kata Ivan.

Dalam pertemuan ini, Rektor IBP-Intl, Made Sudjana sangat mengapresiasi apa yang telah dilakukan Dubes RI bersama tim.

“Kampus kami di Denpasar rata-rata pertahun mampu mengeluarkan sebanyak 800-900 lulusan, dan para mahasiswanya juga melakukan job training di Amerika dan Jepang. Harapanya dengan adanya MoU ini semoga dapat membuka peluang pelatihan baru bagi mahasiswanya di Bulgaria, Albania, dan Makedonia Utara,” kata Made Sudjana.

Direktur Utama BDM, I Nyoman Gede Astina mengucapkan terimakasih kepada Dubes RI beserta tim KBRI, dan Rektor IPB-Intl, I Made Sudjana, yang telah menginisiasi pertemuan Emonaa 2000 Ltd.

“Bali Duta Mandiri bertekad untuk menyalurkan tenaga kerja yang bersertifikasi dan handal, saat ini, bekerjasama dengan IPB-Intl, perusahaannya telah menyalurkan tenaga di berbagai negara,” tegas Nyoman Gede Astina.

Vaya Beach Resort merupakan kawasan exclusive hunian bintang 5, dibangun dilahan seluas 18 hektar di wilayah sea coast black sea, tepatnya di kota Burgas, dengan jarak tempuh lebih kurang jam 3,5 jam dari ibukota Sofia. Vaya Beach Resort menyajikan hunian pantai, river side dan green forest, kebun anggur dan winery (tempat pengolahan minuman anggur).

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.