Sukses

Air Terjun Lembah Anai Meluap, Jalan Padang - Bukittinggi Sempat Macet

Video amatir warga, Senin (13/6/2022), yang berisi gambar Air Terjun Lembah Anai meluap mencuri perhatian di media sosial.

Liputan6.com, Padang - Video amatir yang direkam warga, Senin (13/6/2022), yang berisi gambar Air Terjun Lembah Anai meluap mencuri perhatian di media sosial. Air terjun dengan ketinggian sekitar 35 meter yang berada Kabupaten Tanah Datar itu, menyemburkan air berwarna keruh dan sangat banyak hingga meluber ke badan jalan sehingga membuat kemacetan panjang. 

Mengingat air terjun ini berlokasi tepat di samping jalan raya Padang – Bukittingi, Kecamatan Sepuluh Kota, Kabupaten Tanah Datar, Sumbar, yang sehari-harinya sangat ramai dilalui warga dan wisatawan.

Saat ini warga memang sudah bisa melintasi jalan tersebut, namun warga masih diimbau untuk tetap waspada karena debit air masih sangat tinggi. Petugas di lokasi mengimbau warga dari Padang yang ingin menuju Bukittinggi untuk mencari jalan lain.

Meluapnya air terjun Lembah Anai bukan kali ini terjadi, sebelumnya pada musim hujan 2019, air terjun ini juga meluap hingga ke badan jalan dan membuat macet jalanan penghubung yang benar-benar persis berada di depannya.

Sebagai informasi, Air Terjun Lembah Anai merupakan bagian dari aliran Sungai Batang Lurah, yaitu anak Sungai Batang Anai yang berhulu di Gunung Singgalang di ketinggian 400 meter di atas permukaan laut.

Air terjun ini terletak di batas barat kawasan Cagar Alam Lembah Anai sehingga suasana masih alami dengan hutan lebat serta pepohonan rimbun.

Di sekitar air terjun ini kerap terdapat monyet berkeliaran. Pada saat liburan, air terjun ini dikunjungi oleh ratusan pengunjung. Keindahannya membuat Air Terjun Lembah Anai menjadi ikon pariwisata Provinsi Sumatera Barat. Tak heran banyak orang memilih jalan ini jika ingin menuju Bukittinggi dari Padang.

 

 

 

* Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Tempat Wisata

Saat musim kemarau, air terjun Lembah Anai sangat jernih, mengalir menyusuri perbukitan menuju lereng, lalu mengalir terus melewati hutan Gunung Singgalang sebelum sampai di tepi tebing yang curam.

Dari tebing ini, aliran air kemudian terjun ke dasar lembah Anai dan membentuk kolam tempat air berkumpul. Air terjun yang berkabut air membentuk gugusan indah yang berwarna-warni ketika disinari oleh cahaya mentari.

Debit airnya cukup deras dan stabil di musim penghujan namun akan sangat deras saat hujan lebat turun. Tak jarang air terjun ini akan mengalami banjir dan airnya meluap ke jalan raya.

Untuk mencapai lokasi dari Kota Padang, bisa ditempuh dengan perjalanan sekitar satu jam menggunakan angkutan umum, kendaraan pribadi atau kereta api pariwisata. Bagi wisatawan yang membawa kendaraan, di tempat wisata air terjun Lembah Anai ini menyediakan area parkir yang cukup luas.

 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.