Sukses

Kisah Sukses Wiyono, Koki Asal Sleman yang Jadi Pengusaha di Amerika Serikat

Warga asal Sleman Daerah Istimewa Yogyakarta, Wiyono bersama istri dan kedua anaknya, yang kini menjadi warga negara Amerika Serikat.

Liputan6.com, Jakarta - Wiyono (53). Mendengar namanya saja, pasti sudah bisa ditebak jika dia adalah keturunan Suku Jawa di Indonesia. Nama yang singkat, tak ada tambahan nama di depan atau belakang, yang menjadi ciri khas orang Jawa.

Berangkat dari sebuah pedesaan di Pakem, Sleman Daerah Istimewa (DI) Yogyakarta, Wiyono mampu mewujudkan cita-citanya menjadi pengusaha sukses. Bukan di Indonesia, tapi di luar negeri, di Amerika Serikat.

Awalnya, dia kesulitan dengan namanya yang singkat saat berinteraksi dengan dunia internasional. Yang membutuhkan nama depan (first name) atau nama belakang (last name). Akhirnya, Wiyono mendapat tambahan nama di depannya, yakni First Name Unknow (FNU).

Wiyono bercerita tentang lika-likunya berjuang di belantara Amerika Serikat. Mulai berkarir sebagai koki di sebuah restoran, hingga berparacaran dengan gadis bule untuk mendapatkan Green Card.

'Kini saya sudah menikah dengan Amy Wiyono Buckner (35 th), sudah 15 tahun juga istri saya menjadi seorang mualaf," ucapnya kepada Liputan6.com, Rabu (1/6/2022).

Dia dan istrinya dikaruniai dua orang anak, anak perempuan bernama Cloe Alexandria Wiyono Buckner (13) , anak laki-laki bernama Tristian Java Ray Wiyono Buckner (8).

Penantiannya sejak tahun 1998 pun membuahkan hasil, untuk diterima sebagai warga negara Amerika Serikat. Kini, dia bisa tersenyum bahagia, karena sudah menyandang nama baru, yakni Johnny Wiyono Buckner.

Pada tanggal 24 Mei 2022 kemarin, menjadi momen bersejarah bagi Wiyono karena secara resmi diterina sebagai warga negara Amerika Serikat.

"Saya diterima sebagai warga Amerika Serikat, yang disahkan oleh The United States District Court, Eastern District of Tennessee," katanya.

 

Saksikan Video Pilihan Berikut Ini:

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Pengusaha Sukses

Bagi Amerika, Wiyono adalah aset, bukan beban. Pria Jawa asli dari Pakem, Sleman, Yogyakarta, bahkan menuai kesuksesan sebagai pengusaha restoran, owner dari Teriyaki House.

Gaya hidupnya khas orang Amerika yang mapan, dengan mobil SUV BMW X 5 dan rumah di Chattanooga, Tennessee. Jejak petualangan Wiyono ini sebenarnya pernah ditulis pada buku.

"Cerita saya di Amerika Serikat, pernah dibukukan dengan judul ‚IIllegal Alien: Kisah Petualangan Imigran Gelap di Amerika Serikat” (MediaKita: 20121), yang ditulis oleh duet Agung Suryawan dan Hartono Rakiman," ucapnya.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.