Sukses

Diduga karena Sopir Mengantuk, Minibus Terguling di Jalan Tol Balipapan - Samarinda

Liputan6.com, Balikpapan - Kecelakaan lalu lintas terjadi di Jalan Tol Balikpapan-Samarinda (Balsam), tepatnya di KM 48 Kecamatan Samboja, Kutai Kartanegara (Kukar) pada Rabu (20/4/2022) pagi sekitar pukul 06.45 Wita.

Kejadian bermula saat mobil minibus Toyota Avanza yang dikemudikan Aco Bahar (39) melaju di Jalan Tol dari Samarinda menuju Balikpapan. Di dalam mobil berwarna abu metalik itu, terdapat enam penumpang.

Saat itu, Aco mengemudi dengan kecepatan tinggi, sesampainya di lokasi kejadian kondisi badan jalan cor beton dalam keadaan lurus kemudian menikung ke kanan, terdapat garis marka tengah badan jalan putus-putus, tiba-tiba mobil yang dikemudikan Aco Bahar berjalan oleng ke kiri kemudian ke kanan dan terbalik di tengah badan jalan.

Diduga, kondisi sopir dalam keadaan lelah atau mengantuk sehingga terjadi kecelakaan lalu lintas. Dari ke tujuh korban di dalam mobil tersebut, dua mengalami luka ringan sementara sisanya mengalami syok.

Direktur Lalu Lintas (Dirlantas) Polda Kaltim, Kombes Pol Sonny Irawan, melalui Kasubdit Gakkum Ditlantas Polda Kaltim, AKBP Budi Heryawan mengatakan kecelakaan yang terjadi merupakan kecelakaan tunggal atau out of control (OOC).

"Berdasarkan personel kami yang bertugas di areal jalan tol, terjadi kecelakaan tunggal atau OOT, korban hanya mengalami luka ringan dan sudah dibawa ke rumah sakit terdekat, untuk kendaraan juga sudah diamankan," terang Budi, Rabu (20/4/2022).

Untuk selanjutnya kasus kecelakaan tersebut ditangani oleh Polres Kukar. Budi mengimbau kepada seluruh pengemudi kendaraan bermotor, khususnya yang melintas di Jalan Tol untuk lebih berhati-hati lagi dan tidak melebihi batas kecepatan di Jalan Tol.

"Batas kecepatan sudah tertera harus dipatuhi dan pengemudi harus benar-benar fit. Selama Ramadan ini satu kali ini kejadian kecelakaan di Jalan Tol, kami berharap tidak ada lagi kecelakaan," dia menandaskan.

 

 

2 dari 2 halaman

Saat Kejadian Wagub Kaltim Melintas

Selang beberapa menit kejadian kecelakaan tunggal di Jalan Tol Balsam, Wakil Gubernur Kaltim H Hadi Mulyadi yang saat itu dalam perjalanan menuju Bandara Sultan Aji Muhammad Sulaiman (Bandara SAMS) Balikpapan, melalui jalan Tol Balikpapan-Samarinda, mendapati adanya kecelakaan lalu lintas di ruas Kilometer 48, Mulyadi pun meminta sopirnya untuk singgah dan melihat kondisi warganya yang mengalami kecelakaan tersebut.

Hadi Mulyadi langsung mendatangi dan menanyakan kondisi korban, yang syok dan mengalami luka ringan, sambil menunggu petugas tol serta ambulans.

"Sabar ya, kecelakaan ini diambil hikmahnya, dan semuanya selamat, mudah-mudahan semuanya aman, setelah diobati bisa kembali melanjutkan perjalanan," kata Hadi Mulyadi menyemangati.

Mantan legislator Karang Paci dan Senayan itu, sempat memberikan nasihat kepada sopirnya yang luka ringan terkena pecahan kaca depan mobil, agar dalam berkendara harus berhati-hati. Dan jika memang sedang mengantuk jangan dilanjutkan, berhenti sebentar untuk istirahat, sehingga tidak terjadi seperti yang dialami sekarang ini.

"Ini juga menjadi perhatian bagi semua sopir, agar berhati-hati dalam mengemudikan kendaraan apalagi membawa penumpang. Kalau memang terasa mengantuk, sebaiknya perjalanan jangan dilanjutkan, istirahat sebentar biar terlambat sedikit tetapi semuanya selamat, dari pada cepat akhirnya terjadi musibah," pesan Hadi Mulyadi.

Setalah petugas tol datang bersama mobil ambulan dan melakukan evakuasi korban kecelakaan, barulah Wagub melanjutkan perjalanan menuju Bandara SAMS Balikpapan, yang rencananya terbang ke Jakarta mengikuti kegiatan Rapim.