Sukses

Puluhan Mahasiswa Unsoed Jalani Program Internship di Jepang

Sebanyak 39 orang mahasiswa Unsoed berangkat ke Jepang dalam rangka Program Internship.

Liputan6.com, Banten - Dalam rangka mendukung kebijakan Merdeka Belajar Kampus Merdeka (MBKM), Universitas Jenderal Soedirman Purwokerto (Unsoed) memberangkatkan puluhan mahasiswanya ke Jepang.

Kegiatan yang merupakan kolaborasi dengan PT Yonata Dewi Sejahtera (PT YDS) dan LPK Kokorono Siji (LPK KS) tersebut, memberikan kesempatan bagi 39 orang mahasiswa Unsoed untuk mengikuti program intership.

Puluhan mahasiswa tersebut berasal dari 17 orang mahasiswa Fakultas Pertanian Unsoed untuk tujuan Nagayo dan 22 orang mahasiswa Fakultas Perikanan dan Ilmu Kelautan Unsoed, dengan tujuan Hokaido Jepang.

Pelepasan keberangkatan puluhan mahasiswa tersebut digelar pada hari Rabu (6/4/2022) lalu, di Kedai 95 Ciputat Tangerang Selatan.

Wakil Rektor Bidang Kemahasiswaan dan Alumni Unsoed Kuat Puji Prayitno menyampaikan dukungan luar biasa, terhadap program Internship ke Jepang tersebut.

Karena kegiatan itu merupakan implementasi langsung dari kebijakan MBKM, yang ditetapkan Kemendikbudristek. Dia mengharapkan mahasiswa bisa menerapkan ilmunya langsung, di dunia kerja dengan penerapan teknologi yang canggih di negeri Sakura.

"MBKM membuka peluang mahasiswa belajar langsung di dunia kerja, internship ke Jepang ini sinergi dengan hal tersebut. Apalagi di Jepang, teknologinya canggih, jadi mahasiswa akan belajar banyak untuk bisa nanti diterapkan di Indonesia,” katanya, Selasa (13/4/2022).

Dia juga mengapresiasi PT Yonata Dewi Sejahtera dan LPK Kokorono Siji, yang telah membantu semua proses administrasi, pendidikan bahasa Jepang, hingga proses pemberangkatan mahasiswa tujuan Nagano dan Hokkaido ini.

Dia berharap, kerjasama tersebut bisa meluas ke jurusan lain di Unsoed. Karena ada sebanyak 20.000-an mahasiswa Unsoed, yang memiliki potensi yang mumpuni untuk pengembangan kemampuan dalam program yang sama.

 

Saksikan Video Pilihan Berikut Ini:

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Program Internship

Dekan Fakultas Perikanan dan Ilmu Kelautan Unsoed Isdy Sulistyo mengatakan, program Internship ke Jepang sangat bagus, karena membuka pengalaman dan ilmu mahasiswa secara langsung.

"Para mahasiswa belajar mandiri dan menerapkan teori yang mereka pelajari di negeri sakura, ini bagus sekali,” ujarnya.

Direktur Utama PT YDS Nana Nuzul Husnah menyampaikan, program internship tersebut akan terus dioptimalkan, untuk dapat memberikan kesempatan seluas-luasnya kepada mahasiswa.

“Program ini bertujuan melakukan percepatan dalam meningkatkan kapasitas diri, dengan menimba ilmu dan pengalaman di negeri Sakura,” katanya.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.