Sukses

Ragam Kuliner Sahur Yogyakarta yang Buka Dini Hari

Sebagai kota yang memiliki banyak destinasi kuliner, mencari kuliner tengah malam untuk sahur di Yogyakarta cukup mudah.

Liputan6.com, Yogyakarta - Jika bosan dengan suasana sahur di rumah, sahur on the road sambil berburu kuliner dini hari dapat menjadi pilihan. Sebagai kota yang memiliki banyak destinasi kuliner, mencari kuliner tengah malam di Yogyakarta cukup mudah.

Termasuk menu kuliner dini hari yang cocok sebagai menu sahur kala bosan di rumah saja. Dikutip dari berbagi sumber, berikut rekomendasi kuliner sahur Yogyakarta.

1. Soto Sampah

Kuliner soto sampah adalah hidangan legendaris di kota gudeg ini. Konon soto ini sudah ada sejak tahun 1970-an.

Meskipun namanya sedikit nyeleneh tak perlu khawatir soal rasa, karena soto sampah ini memiliki cita rasa yang enak. Terbukti dengan ramainya warung soto sampah, terutama saat tengah malam hingga dini hari.

Tak jarang para pelanggan setianya rela mengantre untuk satu piring soto kuah bening dan nasi hangat. Satu porsi soto sampah berisi irisan daging, tauge, kol, seledri, mi putih, dan "sampah".

Sampah yang dimaksud adalah aneka rempah-rempah dan koyor sapi yang menjadi taburan soto bersama aneka isian sotonya. Selain itu para pelanggan juga dapat meminta tambahan ekstra isian koyor atau urat sapi untuk melengkapi sajian panas di tengah Kota Yogyakarta ini.

Warung soto sampah buka hampir 24 jam lamanya, sehingga cocok menjadi andalan menu sahur yang menyegarkan. Satu porsi soto sampah dijual cukup murah, yakni Rp6.000 hingga Rp10.000 saja per porsinya. Soto sampah berada di Jalan Kranggan No 2, Cokrodiningratan, Jetis, Kota Yogyakarta.

 

Saksikan video pilihan berikut ini:

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Gudeg

2. Gudeg Cukupan Batas Kota

Gudeg cukupan batas kota yang buka di malam hari ini menyajikan gudeg basah. Bagi pencinta gudeg dengan cita rasa gurih dan tidak terlalu manis, gudeg ini adalah jawaban. Dinamakan gudeg batas kota lantaran berada tepat di perbatasan antara Kota Yogyakarta dengan Kabupaten Sleman.

Seporsi nasi gudeg berisi nasi putih atau bubur, gudeg, telur, krecek, tahu, dan tempe oseng. Selain menawarkan gudeg, gudeg batas kota ini juga menawarkan banyak makanan tambahan seperti gorengan, satai, dan masih banyak lagi.

Gudeg yang satu ini memiliki porsi yang cukup besar, sehingga cocok menjadi menu sahur yang mengenyangkan. Gudeg batas kota bertempat di sebuah warung lesehan yang berada di trotoar toko.

Tepatnya terletak di Jalan Laksda Adisucipto No 41, Demangan, Depok, Kabupaten Sleman. Gudeg cukupan batas kota buka mulai pukul 21.00 hingga 04.00 atau habis.

3. Nasi Kuning Bu Tuminem

Nai kuning Bu Tuminem merupakan salah satu kuliner dini hari yang cukup populer. Nasi kuning ini buka mulai pukul 21.00 hingga 02.00 WIB.

Nasi kuning ala Bu Tuminem ini berisi irisan telur yang dadar, sambal kering kentang, suwiran ayam, kacang, irisan timun dan juga abon. Cukup mengenyangkan sebagai menu sahur andalan anak kos di Yogyakarta.

Satu porsi nari kuning di sini dibanderol mulai dari Rp15.000-an saja. Nasi kuning Bu Tuminem ini buka di Jalan Pakuningratan, Kota Yogyakarta.

 

3 dari 3 halaman

Nasi Rames

4. Nasi Rames Demangan

Nasi rames Demangan atau nasi campur Demangan dapat menjadi kuliner dini hari legendaris selanjutnya. Nasi rames yang satu ini sudah berjualan sejak tahun 1993.

Menu favorit para pelanggan warung makan ini adalah nasi teri. Berbeda dengan nasi teri ala angkringan di Yogyakarta yang porsi kecil.

Nasi teri ala warung makan ini disajikan dalam piring dan dilengkapi aneka sayur dan lauk pauk lainnya. Para pelanggan dapat memilih aneka lauk yang disajikan, mulai dari sayur lodeh, aneka gorengan, terlur dadar, telur asin, ayam goreng hingga petai siap goreng.

Warung nasi rames Demangan ini buka setiap Senin sampai Sabtu, mulai pukul 21.00 hingga habis. Lokasinya berada di Jalan Demangan, depan apotik Ardi Farma.

5. Sate Samirono

Sate Samirono, yang sudah eksis sejak 1970. Sate Samirono terkenal berkat olahan ayam dan kambingnya yang begitu nikmat.

Sate Samirono dapat ditemukan di Jalan Colombo No 105/38, Karang Malang, Caturtunggal, Kecamatan Depok, Kabupaten Sleman. Warung ini buka setiap hari, mulai pukul 08.00 hingga 02.00 WIB.

Warung ini konsisten menghadirkan sajian dengan rasa nikmat yang sudah tentu memanjakan lidah. Tak heran jika kedai satai ini selalu ramai pembeli.

Menu makanan di sini cukup beragam, mulai dari aneka olahan kambing, ayam, serta sapi. Tak hanya satai, kedai Samirono juga menyediakan tongseng, gulai, hingga nasi goreng.

Soal harga, satai ayam dibanderol mulai Rp16.000 hingga Rp25.500, sedangkan satai kambing ditawarkan dengan harga antara Rp27.500 hingga Rp44.000. Sementara untuk satai sapi antara Rp27.500 hingga Rp44.000.

 

Penulis: Tifani

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.