Sukses

Awal Puasa Islam Kejawen di Banyumas Senin Kliwon, Ini Perhitungan Kalender Aboge

Islam Kejawen di Banyumas menggunakan kalender Aboge sehingga awal puasa atau Ramadhan jatuh pada Senin Kliwon, 4 April 2022

Liputan6.com, Banyumas - Islam Kejawen di Kabupaten Banyumas dan Cilacap, Jawa Tengah akan berpuasa mulai Senin kliwon, atau Senin tanggal 4 April 2022.

Awal Puasa kaum Kejawen ini selang dua hari dari ketetapan Ormas Muhammadiyah yang telah menetapkan hari pertama Ramadan jatuh pada Sabtu, 2 April 2022.

Sementara, ormas Nahdlatul Ulama atau NU dan pemerintah belum menentukan awal Ramadhan.

Juru Bicara Komunitas Adat Banokeling, Sumitro mengatakan tahun ini adalah tahun Alip. Dalam Kalender Alip Rebo Wage (Aboge), penanggalan awal tahun Alip dimulai dari Rebo Wage.

“Ini kan tahunnya tahun Alip. Kalau tahun Alip itu, kan tiap tahun sudah ada rumusnya. Kalau tahun alip, rumusnya itu kan ada Sanemro. Awal Tanggal tahun Alip itu dari Rebo Wage,” katanya.

Dengan rumus Sanemro, maka hari pertama puasa akan jatuh pada Senin Kliwon. Perhitungannya yakni hari keenam setelah Rabu adalah senin, dan hari kedua pasaran setelah Wage, sehingga jatuhnya pada Kliwon.

 

* Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Saksikan Video Pilihan Ini:

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Kalender Aboge

"Hitungannya sanemro itu dihitung dari Rabu. Rabu, Kamis, Jumat, Sabtu, Minggu, Senin, berarti senin. Nah, karena nemro, dari Wage, ro itu kan Kliwon, berarti Senin Kliwon, begitu loh,” jelas Sumitro.

Dia menjelaskan, kalender Aboge terdiri dari delapan tahun atau sewindu. Tiap tahun memiliki hari pertama berbeda, sehingga hari besar akan tiba pada hari berbeda pula.

Diketahui, Ormas Islam Muhammadiyah telah menetapkan awal Ramadan tiba pada Sabtu 2 April 2022.

Sedangkan pemerintah dan NU belum menentukan waktu pasti awal Ramadan karena harus melalui sidang isbat setelah rukyatul hilal.

Tim Rembulan

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.