Sukses

Cara Terbaik Memilih Skincare Menurut Dermatologis

Liputan6.com, Bandung - Kulit bersih, sehat dan glowing layaknya aktris dan aktor Korea memang jadi dambaan semua orang. Banyak orang rela membeli serangkaian produk skincare mahal untuk mewujudkannya.

Bukan hanya itu, tak sedikit juga orang yang membeli skincare berkat masukan dari banyak influencer demi mendapatkan kulit layaknya para aktris dan aktor Korea. Padahal, belum tentu rekomendasi skincare dari para influencer kesukaanmu cocok di kulitmu.  

Untuk menentukan produk skincare, kamu perlu mengenali tipe kulitmu sendiri karena setiap orang memiliki tipe kulit dan kebutuhan skincare yang berbeda-beda. Salah memilih skincare, bisa dipastikan akan menimbulkan masalah kulit baru, hingga kamu membutuhkan biaya yang lebih besar untuk mengatasinya.

Ada empat jenis tipe kulit yang umum ditemukan, yakni kulit sensitif, berminyak, kombinasi, dan kering. Untuk menghindari bencana kulit, sebaiknya pilih skincare berdasarkan kebutuhan kulitmu. Berikut adalah cara memilih skincare sesuai kebutuhan kulit seperti dilansir dari Fimela.

 

*** Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Simak Video Pilihan di Bawah Ini

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

2 dari 5 halaman

Kulit Berminyak

Dermatologist dari New York, Amerika Serikat, Michele Green MD merekomendasikan produk yang mengandung asam alfa hidroksi (asam glikolat atau asam salisilat), benzoyl peroxide, dan asam hialuronat untuk kamu yang memiliki kulit berminyak.

Menurutnya, ketiga bahan tersebut efektif mengontrol produksi minyak berlebih. Sementara asam hialuronat akan menghasilkan hidrasi hanya di area yang dibutuhkan.

3 dari 5 halaman

Kulit Kering

Memilih skincare untuk kulit Green merekomendasikan produk dengan kandungan shea butter dan lactic acid. Bahan tersebut, dapat menghidrasi kulit sehingga tampak lebih sehat dan bercahaya.

4 dari 5 halaman

Kulit Sensitif

Pemilik kulit sensitif, Green menyarankan untuk memilih skincare dengan kandungan aloe vera, oatmeal, dan shea butter. Ketiganya merupakan pelembab yang baik dan biasanya tidak merusak kulit.

Namun sebaiknya, pilih skincare yang tidak mengandung bahan tambahan seperti wewangian atau parfum. Bahan tambahan ini biasanya memiliki prevalensi tinggi sehingga bisa menyebabkan alergi dan iritasi pada kulit sensitif.

5 dari 5 halaman

Kulit Kombinasi

Untuk kamu pemilik kulit kombinasi, khususnya berminyak di area T-zone dan kekeringan di pipi, disarankan untuk memilih skincare dengan kandungan asam hialuronat, asam salisilat, asam laktat, emolien, dan antioksidan. Kelima kandungan tersebut bersifat melembabkan tanpa meningkatkan sifat berminyak.

Jadi sebelum membeli skincare, pastikan kandungan-kandungan yang direkomendasikan untuk kulitmu tercantum dalam kemasan. Jangan tergiur dari seberapa banyak ulasan positif produk yang kamu inginkan, karena produk yang sesuai dengan tipe kulit dijamin lebih baik.

Penulis Mega Dwi Anggraeni

* BACA BERITA TERKINI LAINNYA DI GOOGLE NEWS