Sukses

Sulawesi Selatan Konfirmasi Pasien Perdana Omicron

Pasien pertama tersebut adalah warga Kabupaten Takalar.

Liputan6.com, Takalar - Dinas Kesehatan Pemerintah Provinsi Sulawesi Selatan mengonfirmasi kasus perdana Covid-19 varian omicron. Orang tersebut adalah warga Kabupaten Takalar. 

"Ini kasus pertama di Sulsel, Berdasarkan laporan dari PHEOC dan Litbangkes Jakarta bahwa ditemukan satu kasus varian omicorn berasal dari Takalar, pada tanggal 20 Januari lalu" kata Plt Kadinkes Sulsel, dr Arman Bausat, Sabtu (22/1/2022). 

Arman menyebutkan bahwa pihaknya telah melakukan berbagai langkah antisipasi agar varian omicron tersebut tidak meluas. Salah satunya adalah dengan menjemput pasien tersebut lalu dibawa ke RSUD Padjonga Daeng Ngalle Takalar untuk menjalani isolasi. 

"Pasien tersebut telah dijemput dan isolasi di RSUD Takalar. Pasien itu dicurigai pernah kontak erat dengan penderita," terangnya. 

Selain itu, Arman menjelaskan, bahwa pihaknya telah mengambil sampel swab anggota keluarga dari pasien tersebut. Hal itu dilakukan untuk memastikan varian omicron tersebut tidak menjadi transmisi lokal dan jadi klaster keluarga. 

"Tanggal 21 Januari kemarin kita terima hasil pemeriksaan sampelnya dari pihak keluarga pasien dinyatakan negatif Covid-19," dia menuturkan.

Simak juga video pilihan berikut ini:

 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.