Sukses

Perjalanan Penanganan Covid-19 hingga Nol Kasus di Kota Cirebon

Meski dipastikan nol kasus Covid-19, bukan berarti protokol kesehatan hingga program vaksinasi kendur. Warga Cirebon juga harus tetap mematuhi protokol kesehatan.

Liputan6.com, Cirebon - Pemkot Cirebon terus berupaya mempertahankan prestasinya yang berhasil mengendalikan Covid-19 hingga nol kasus.

Kepala Bidang Pencegahan dan Pengendalian Penyakit Dinkes Kota Cirebon Tri Mulyaningsih mengatakan, tercatat, Kota Cirebon menangani sekitar 12.814 kasus covid-19 sejak tahun 2020 sampai 2021.

Jumlah tersebut sesuai data yang masuk ke dinas hasil laporan penanganan covid-19 baik dari puskesmas hingga rumah sakit yang ada di Kota Cirebon.

"Datanya sudah terkonfirmasi dan sempat terjadi penambahan satu kasus Covid-19 setelah tanggal 5 Desember 2021 kami umumkan nol kasus namun kemudian pasien sudah sembuh dan hasil tracing keluarganya negatif," ujar Tri, Kamis (23/12/2021).

Meski dipastikan nol kasus, bukan berarti protokol kesehatan hingga program vaksinasi kendur. Tri mengatakan, saat ini, vaksinasi di Kota Cirebon sudah 100 persen.

Program vaksinasi menjadi salah satu indikator keberhasilan daerah menangani Covid-19. Menurut dia, pahit manis penangananan Covid-19 di Kota Cirebon dirasakan.

"Perjalanan Kota Cirebon menangani covid-19 termasuk berat karena kita berangkat dari status level 4 dengan rentang waktu yang cukup lama. Ditambah pada bulan Juli Agustus 2021 puncak gelombang ke dua kami rasakan sekali tingginya kasus hingga pernah hampir kesulitan menangani pasien," ujar dia di Cirebon.

Saksikan video pilihan berikut ini:

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Vaksinasi Lansia

Tri mengatakan, bahu-membahu menggelar testing, tracing, dan pemahaman isolasi mandiri kepada masyarakat. Tri mengatakan, sinergi seluruh elemen masyarakat dan TNI Polri terus ditingkatkan.

Gencarnya vaksinasi memberi semangat Satgas Covid-19 Kota Cirebon menghadapi masalah bersama. Hingga akhirnya, Kota Cirebon berhasil memasuki PPKM level 1 dan nol kasus.

"Paling utama vaksin terus kami gencar sampai sekarang untuk penanggulangan Covid-19. Vaksin dari awal mudah namun sudah masuk pertengahan program memasuki masa sulit karena sasarannya komplek yakni lansia. Kami terus koordinasi TNI / Polri untuk door to door ke rumah kasih pemahaman dulu sebelum di vaksin agar mengerti dan mau di vaksin," ujar dia.

Namun demikian, kata dia, semangat menanggulangi Covid-19 di Kota Cirebon terbilang baik. Data terakhir yang diterima, vaksinasi lansia sudah mencapai 60 persen bahkan lebih.

Vaksinasi lansia, kata dia, menjadi salah satu indikator penting keberhasilan Kota Cirebon menangani covid-19.

"Untuk vaksinasi anak kami masih menunggu koordinasi dari pusat terutama kesiapan vaksinasinya," ujar dia.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.