Sukses

Cek Kesiapan Akses Tol Cipali-Bandara Kertajati Sebelum Beroperasi

Keberadaan jalan tol akses tersebut dapat meningkatkan konektivitas dan pengembangan daerah Jawa Barat khususnya wilayah Kabupaten Majalengka.

Liputan6.com, Cirebon - Manajemen Astra Tol Cipali memastikan pembangunan jalan tol akses BIJB Kertajati di Km 158+700 tol Cipali sudah rampung 100 persen.

Bahkan, pengerjaan proyek tersebut selesai tepat waktu dari target yang diberikan Kementerian PUPR beberapa bulan lalu. Direktur Operasi Astra Tol Cipali Agung Prasetyo mengatakan, target kementerian PUPR pada akhir September.

"Sekarang tahap finalisasi dan pembangunan akses BIJB Kertajati ini mulai dari kontruksi, pembangunan gerbang dan kantor tol juga rambu rampung sesuai Standar Pelayanan Minimun (SPM) yang ditetapkan Kementerian PUPR," ujar Agung melalui keterangan tertulis, Jumat (15/10/2021).

Agung memastikan tol bisa beroperasi setelah proses Uji Laik Fungsi (ULF) dan Standar Layak Operasi (SLO) selesai. Rencananya, akses BIJB Kertajati-Cipali akan beroperasi pada November mendatang.

Agung mengatakan, keberadaan jalan tol akses tersebut dapat meningkatkan konektivitas dan pengembangan daerah Jawa Barat khususnya wilayah Kabupaten Majalengka.

"Pembangunan jalan tol ini juga merupakan salah satu dukungan Astra Tol Cipali terhadap pembangunan di wilayah sekitar khususnya Proyek Rebana Metropolitan yang merupakan inisiasi Pemerintah Jawa Barat dalam upaya pemerataan ekonomi melalui infrastruktur," ujar dia.

Agung menyebutkan, proses ULF tengah dilaksanakan oleh sejumlah instansi terkait. Mulai dari Binamarga, Dirjen Bebas Hambatan hingga Korlantas Polri.

Saksikan video pilihan berikut ini:

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Kontribusi Positif

Sementara itu, kata dia, dari internal Astra Tol Cipali terbagi menjadi 3 tim, yakni Bidang Keselamatan dan Manajamen Lalu Lintas, Bidang Sarana Jalan, Jembatan dan Bangunan Pelengkap, serta Bidang Operasi dan Administrasi.

"Pembangunan ini juga merupakan salah satu bentuk perwujudan filosofi Astra, menjadi milik yang bermanfaat bagi bangsa dan negara melalui kontribusi di wilayah sekitar ditunjukan dengan dibangunnya ikon atau landmark yang berada di Interchange Jalan Tol Akses Kertajati," sebut Agung.

Sementara itu, untuk ikon dan landmark yang diusung yakni tema Melodi Panarima. Tema tersebut memiliki arti menyambut kedatangan dan mengiringi perjalanan.

Dia berharap, dibangunnya akses dan landmark sebagai bentuk yang dapat dirasakan oleh setiap orang yang

memandangnya. Sehingga saat berkendara di Ruas Tol Cipali menjadi salah satu pengalaman positif bagi pengguna jalan.

"Tentunya Astra Tol Cipali berharap dapat selalu memberikan kontribusi positif bagi masyarakat khususnya di 5 wilayah yang dilintasi oleh Tol Cipali sepanjang 116.75 Km seperti Purwakarta, Subang, Indramayu, Majalengka dan Cirebon," sebut Agung.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.