Sukses

Libatkan Ratusan Vaksinator, Polda Kaltim Target Ribuan Peserta Vaksinasi Covid-19

Percepatan herd immunity untuk masyarakat Kalimantan Timur (Kaltim) khususnya Balikpapan terus digencarkan oleh Polda Kaltim dengan menggelar vaksinasi Covid-19.

Liputan6.com, Balikpapan - Percepatan herd immunity untuk masyarakat Kalimantan Timur (Kaltim) khususnya Balikpapan terus digencarkan oleh Polda Kaltim dengan menggelar vaksinasi Covid-19. Dengan target 5.000 peserta vaksin, Polda Kaltim melalui Biddokkes menggelar vaksinasi di gedung BSSC Dome, pada Jumat (10/9/2021) pagi.

Kali ini vaksin yang digunakan yakni jenis Sinovac. Vaksinasi sebanyak 4.604 dosis pertama ini menyasar pada jemaat gereja se-Balikpapan, mahasiswa, pelajar, ibu hamil, lansia dan masyarakat umum lainnya. Dengan melibatkan vaksinator sebanyak 187 orang dan tenaga registrasi sebanyak 50 orang. Hal ini dilakukan untuk mengantisipasi penumpukan peserta vaksin saat melakukan pendaftaran.

Dari pantauan Liputan6.com ribuan peserta vaksin yang hadir di gedung Dome tersebut, terlihat tetap mematuhi protokol kesehatan (prokes) dengan menjaga jarak dan menggunakan masker.

Simak Video Pilihan Berikut Ini:

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Vaksinasi 5 Ribu Dosis Vaksin Sinovac

Kapolda Kaltim Irjen Pol Herry Rudolf Nahak yang langsung memantau jalannya kegiatan mengatakan, untuk target vaksinasi sebanyak 4.604 dosis. Namun, masih bisa lebih mencapai 5.000 dosis. Untuk di jajaran Polres sendiri juga melaksanakan vaksin dengan jumlah dosis yang berbeda.

"Pada intinya upaya untuk mencapai target yang di instruksikan oleh Presiden RI target 2 juta dosis dalam satu hari. Untuk di Balikpapan kita upayakan sebanyak mungkin untuk di lakukan vaksinasi bagi masyarakat hingga bisa mencapai kekebalan secara menyeluruh," ungkap Herry, usai meninjau jalannya vaksinasi, Jumat (10/9/2021).

3 dari 3 halaman

Vaksinasi Berjalan Lancar

Jenderal bintang dua ini juga menyebutkan sejauh ini vaksinasi berjalan dengan baik. Dengan tidak terjadi penumpukan masyarakat, hal ini juga berkat adanya relawan yang di libatkan oleh pihak Biddokkes Polda Kaltim.

"Semua sudah terkoordinasi, waktu diatur sehingga tidak ada penumpukan masyarakat. Vaksinasi hari ini sangat baik," tegasnya.

Dalam waktu setengah hari, lanjutnya, satu vaksinator bisa melakukan penyuntikan sebanyak 200 suntikan. Dia mengatakan tenaga vaksinator selalu siap dalam melakukan vaksinasi untuk masyarakat.

"Vaksin selalu siap, sehingga bisa terus dilakukan vaksinasi untuk masyarakat Kalimantan Timur," dia menandaskan.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.