Sukses

Tokoh Masyarakat Sumut, Haji Anif Ayah Wagub Musa Rajekshah Meninggal Dunia

Sumatera Utara (Sumut) kembali kehilangan salah seorang sosok terbaik. Tokoh masyarakat Anif Bin Gulrang Shah, ayahanda dari Wakil Gubernur (Wagub) Sumut, Musa Rajekshah, meninggal dunia.

Liputan6.com, Medan Sumatera Utara (Sumut) kembali kehilangan salah seorang sosok terbaik. Tokoh masyarakat Haji Anif Bin Gulrang Shah, ayahanda dari Wakil Gubernur (Wagub) Sumut, Musa Rajekshah, meninggal dunia.

Anif tutup usia di umur 82 tahun pada Rabu (25/8/2021) sekitar pukul 04.15 WIB. Anif meninggalkan 9 orang anak, Zainurah, Masturah, Chairunishah, Kahfilwara, Musa Ichwanshah, Dewi Pertiwi, Sri Rezeki, Musa Rajekshah, dan Musa Idishah.

Almarhum juga meninggalkan 29 orang cucu dan 7 orang cicit. Kabar duka disampaikan langsung Musa Rajekshah di rumah duka, Jalan Tembakau Deli, Kota Medan. Anif akan dikebumikan di halaman Masjid Al Musanif, Cemara Asri, Jalan Cemara, Medan Estate, Kecamatan Percut Seituan, Kabupaten Deli Serdang, usai Salat Zuhur.

"Saya mohon, dimaafkan salah dan khilaf Almarhum Ayahanda kami," katanya.

Musa Rajekshah juga mendoakan, semoga Allah SWT menerima seluruh amal ibadah dan kebaikan, serta mengampuni dosa almarhum ayahanda tercinta. Dilimpahkan keberkahan kepadanya, serta diterangkan dan dilapangkan kuburnya.

"Semoga Allah SWT menempatkan Almarhum di tempat terbaik di surga-Nya kelak, Aamiin ya Rabbal Alamin. Insya Allah husnul khotimah," tuturnya.

Sebelum dikebumikan, Almarhum Anif disemayamkan di rumah pribadi, Jalan Tembakau Deli, Medan. Sejumlah keluarga, kerabat, termasuk Gubernur Sumut, Edy Rahmayadi, datang ke rumah duka.

* Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Saksikan Video Pilihan Berikut Ini:

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Profil Haji Anif

Diketahui, Haji Anif lahir 23 Maret 1939 di Perlanaan, Bandar, Kabupaten Simalungun. Semasa hidup, almarhum dikenal sebagai pengusaha sukses, tokoh yang sangat dermawan, tokoh umat yang sangat pemurah, dan peduli terhadap kepentingan umat di Sumut.

Anif juga dipercaya menduduki jabatan penting di berbagai lembaga dan organisasi, serta banyak menerima penghargaan. Semasa hidupnya juga, Anif menerima sekitar 67 penghargaan dari berbagai pihak.

Piagam penghargaan diantaranya Anugerah Tanda Mitra dari Dewan Pimpinan Pusat Pemuda Pancasila. Primakarya Dharma Award 1999 juga diberikan atas prestasi kerja dan kepedulian terhadap SDM, Kelestarian Lingkungan dan Kesosialan Kemasyarakatan Tingkat Nasional.

Anif juga memperoleh predikat The Best Executive Award Insan Pejuang Demi Bangsa Menuju Milenium III tahun 1990-2000. Penghargaan lainnya juga diberikan dalam kegiatan ulang tahun Emas Universitas Sumatera Utara (USU) sebagai donatur.

Piagam penghargaan dari Yayasan Pendidikan Marsipature Hutanabe atas partisipasi pembangunan SMA unggulan Tapanuli Selatan, Sipirok oleh Raja Inal Siregar pada November 1995, serta masih banyak lagi.

3 dari 3 halaman

Piagam Anugerah Pers

Haji Anif juga mendapatkan Piagam Anugerah Pers sebagai tanda penghormatan atas darmabakti, pengabdian, kepedulian & perhatian tulus terhadap kemajuan serta perkembangan pers, sehingga untuk mengenang jasa-jasa tersebut Anugerah Pers diberikan kepada H Anif pada 26 April 2000.

Piagam penghargaan dari Menteri Koperasi UMKM karena berhasil dalam membina dan mengembangkan Koperasi dan UMKM tahun 2003. Piagam Penghargaan dari ASEAN INFO SARANA has awrded the Indonesian Best Executive 2005 di Jakarta pada 27 Mei 2005.

Selanjutnya piagam penghargaan dari Kementerian Lingkungan Hidup kepada atas partisipasi Anif sebagai donor bibit pohon dalam upaya pemberdayaan masyarakat pedesaan oleh Deputi Menteri Negara Lingkungan Hidup Bidang Komunikasi Lingkuangan dan Pembedayaan Masyarakat, Sudariyono.

Piagam penghargaan Museum Rekor Indonesia (MURI) uga dianugerahkan kepada Anif sebagai individu yang merayakan ulang tahun (milad) dengan menyelenggarakan MTQ dengan jumlah peserta terbanyak pada Maret 2020.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.