Sukses

Di Kampung Pemulung Cilegon, Nyanyikan Lagu Indonesia Raya Dapat Nasi Gratis 

Liputan6.com, Cilegon - Warga Kampung Pemulung, Kelurahan Sukmajaya, Kota Cilegon, Banten, berbaris rapi menghadap bendera merah putih, kemudian memberikan hormat dan menyanyikan lagu Indonesia Raya. Hal ini sebagai upaya memupuk rasa nasionalisme. Bonusnya, mereka mendapatkan nasi bungkus gratis dari relawan.

Perayaan sederhana Kemerdekaan RI mereka lakukan bersama para relawan. Dua tahun terakhir, peringatan hari Kemerdekaan Indonesia berlangsung di tengah pandemi covid-19. Sehingga, pembagian nasi bungkus diharapkan bisa menjaga daya tahan tubuh dan sedikit membantu kebutuhan harian para pemulung.

"Di 17 Agustus hari ini, di semangat kemerdekaan ini, kami mengadakan nasi bungkus merdeka. Penduduk di Kota Cilegon ini, hormat kepada bendera, setelah itu diberikan nasi kotak. Total ada 100 nasi bungkus yang dibagikan," kata Gerry William, perwakilan relawan dari Bee Relief, di lokasi, Selasa (17/8/2021).

Sejak awal pandemi yang berlangsung dari tahun 2020, mereka rutin membagikan sembako maupun makanan gratis ke warga terdampak Covid-19 dengan datang langsung ke perkampungan yang dianggap membutuhkan.

Wilayah Tangerang, Serang, hingga Cilegon mereka datangi setiap pekan secara bergantian dan di kampung yang berbeda, untuk membagikan sembako maupun makanan gratis.

"Sekarang lagi pandemi, jadi kita bagi-bagi ke masyarakat yang terdampak pandemi. Pembagian nasi bungkus udah sejak dari awal pandemi sampai sekarang dan dibagi ke beberapa daerah, Tangerang, Serang, Cilegon. Selain nasi bungkus, ada sembako juga yang kita bagikan," ujarnya.

Simak video pilihan berikut ini:

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

2 dari 2 halaman

Harapan Pemulung pada HUT ke-76 Indonesia

Sayanah (41), seorang istri yang kerap membantu suaminya memulung, berharap pandemi Covid-19 bisa segera usai, agar dia bisa mengais rezeki yang lebih banyak lagi dari barang bekas yang dia ambil. Pandemi membuat penghasilannya juga menurun.

"Setiap hari mulung. Penginnya di kemerdekaan ini, Covid-19 bisa cepet selesai. Senang (dapat nasi bungkus)," kata Sayanah, di lokasi yang sama, Selasa (17/08/2021).

Meski tak ada perayaan, seperti perlombaan yang kerap dilakukan untuk memperingati kemerdekaan Indonesia, tetapi bendera merah putih tetap berkibar di perkampungan pemulung itu. Harapannya pun sama, Covid-19 bisa segera usai dari Indonesia.

"Dapat nasi bungkus, isinya ayam, ada sambelnya juga. Harapannya bisa cepat selesai Covid-19-nya," Mama Leni menambahkan.

* BACA BERITA TERKINI LAINNYA DI GOOGLE NEWS