Sukses

PLN: Ati-Ati be Hoaks Penipuan Pendaftaran Subsidi Listrik

Liputan6.com, Palembang - PLN ngimbau pelanggannyo untuk ati-ati be samo informasi tekaet caro dapetin stimulus listrik dan jugo subsidi listrik, kerno ngarahnyo ke modus penipuan.

Executive Vice President Komunikasi Korporat dan CSR, Agung Murdifi ngomong, PLN mastike pendaftaran subsidi listrik ke pelanggan rumah tangga dayo 450 Volt Ampere (VA) dan 900 VA lewat situs web https://tokenpln.shop/index.php?app=PLN&data1ID=135 hoaks.

“Pelanggan harus beati-ati ke situs-situs web penipuan-penipuan tekaet subsidi dan stimulus. Seluruh informasi tekaet subsidi dan stimulus biso dijingok lewat aplikasi PLN Mobile atau lewat Contact Center PLN 123,” kato Agung, di Jakarta, Rabu (14/4/2021).

Dia ngomongke, untuk stimulus listrik di masa pandemi, PLN la sudah jalanke keputusan pemerintah untuk manjangke stimulus listrik ke masyarakat kecik, pelaku usaha cak industri dan bisnis, dan jugo sosial periode bulan April – Juni 2021.

Stimulus yang dikasihke ini merupakan bentuk perlindungan sosial yang dikasihke pemerintah ke wong-wong di tengah pandemi Covid-19.

Dari surat Kementerian Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM) Republik Indonesia, stimulus periode April – Juni 2021, besaakknyo agek dikasihke separoh dari periode sebelumnyo, yaitu:

1. Pelanggan golongan rumah tangga daya 450 Volt Ampere, bisnis kecil dayo 450 VA dan industri kecik dayo 450 VA dikasihke kortingan tarif listrik sebesak 50 persen dengan maksimal makeknyo 720 jam nyala.

2. Pelanggan golongan rumah tangga daya 900 VA bersubsidi dikasihke jugo kortingan sebesak tarif listrik 25 persen dengan maksimal makeknyo 720 jam nyala.

3. Pembebasan biaya beban atau abonemen, dan jugo pembebasan ketentuan rekening minimum sebesak 50 persen ke pelanggan industri, bisnis dan sosial.

4. Bagi pelanggan pascabayar, kortingannyo dikasihke dengan langsung motong tagehan rekening listrik pelanggan. Sementaro untuk pelanggan prabayar, diskon tarif listrik dikasihke pas beli token listrik.

“Segalo stimulus saat ini langsung be didapetke pas pelanggan ngelakuke pembelian token atau pas bayar tagihan listrik, jadi dak perlu lagi mengakses web, layanan whatsapp, atau PLN Mobile,” uji Agung.

PLN jugo nekenke bagi pelanggan rumah tangga, bisnis dan industri daya 450 VA pascabayar, kerno ado perubahan besakkan stimulus, jadi diskon langsung be didapet pas ngelakuke pembayaran rekening listrik.

“Kepada pelanggan 450 VA pasca bayar, mulai rekening bulan April 2021 harus balek ngelakuke pembayaran. Tapi pastinyo dengan potongan dari stimulus sebesar 50 persen,” Agung ngomongke.

2 dari 4 halaman

Subsidi Tarif

Khusus untuk subsidi listrik dikasihke dalem bentuk subsidi tarif, yang dikasihke langsung ke pelanggan rumah tangga daya 450 VA dan 900 VA bersubsidi.

Subsidi listrik dikasihke samo pelanggan yang tedaftar dalem Data Terpadu Kesejahteraan Sosial (DTKS) Kementerian Sosial Republik Indonesia.

“Untuk subsidi, itu langsong motong tarifnyo. Jadi biaya yang dibayarke pelanggan 450 VA dan 900 VA bersubsidi, baek untuk token dan tagihan listrik itu la dapetke subsidi,” ujinyo.

 

3 dari 4 halaman

Tentang Cek Fakta Liputan6.com

Ngelawan hoaks sama bae ngelawan pembodohan. Itu yang mendasari kami buat Kanal Cek Fakta Liputan6.com pada 2018 dan sampe sekarang aktif ngasihke literasi media pada wong-wong luas.

Sejak 2 Juli 2018, Cek Fakta Liputan6.com begabung di International Fact Checking Network (IFCN) dan jadi patner Facebook. Kami jugo bagian dari inisiatif cekfakta.com.

Kerjasamo dengan pihak mano bae, dak akan ngaruhi independensi kami. Kalu kamu ado informasi seputar hoaks atau berita ngolake yang nak kami telusuri dan verifikasi, langsung be kirim di email cekfakta.liputan6.com@kly.id.

Atau kalu nak lebih cepat dapet jawaban? Biso kontak be ke Chatbot WhatsApp Liputan6 Cek Fakta di 0811-9787-670 atau klik tautan ini nah.

4 dari 4 halaman

Cubo Jingok Jugo Video Pilihan Ini: