Sukses

Ribuan Warga Antusias Ikuti Vaksinasi Massal Dosis Kedua Salman ITB

Liputan6.com, Bandung - Dalam rangka membantu percepatan kekebalan kelompok, Salman ITB telah sukses menggelar acara vaksinasi Covid-19 dosis kedua pada 24-25 Juli 2021 di area Masjid Salman ITB. Total 1.847 orang datang ke Acara Vaksinasi Dosis Kedua Salman ITB.

"Target Salman ITB yang menyasar seluruh elemen masyarakat, semua suku, ras, dan agama betul terpenuhi," kata Ketua YPM Salman ITB Suwarno, Selasa (27/7/2021).

Salah satu peserta Kristiani milenial bernama Rahel mengaku terkesan dengan kegiatan penyuntikan vaksin Covid-19 kedua yang diselenggarakan Salman ITB. "Seru acara vaksinnya, bagusnya enggak mengantre. Semoga kalau ini sudah selesai dan diadakan lagi vaksinasi, yang belum bisa ikut," ucap Rahel.

Salah seorang peserta lansia dengan pendampingnya, yang telah mendapatkan vaksinasi dari Salman ITB juga terkesan dengan pelayanan yang diberikan. "Lebih ke pelayanannya bagus, apalagi untuk lansia diperhatikan. Harapannya setelah divaksinasi bisa hidup normal lagi, sehat-sehat terus," ungkap peserta lansia.

Suwarno mengatakan, apa yang dilakukan Salman ITB menjadi bukti bahwa masjid juga punya peranan penting dalam membangun peradaban kedepannya dan kali ini tantangannya adalah bidang kesehatan. Tanpa peduli latar belakang dan agama seseorang, semuanya bisa ikut berperan untuk segera mengakhiri pandemi.

Sepanjang acara vaksinasi Salman ITB, protokol kesehatan diberlakukan dengan ketat. Pendaftaran terpadu dilakukan secara daring. Semuanya tertangani dengan baik oleh tenaga kesehatan yang bertugas.

Para tenaga kesehatan berasal dari FK UNPAD dan Poltekkes, serta instansi kesehatan lainnya baik dari swasta maupun pemerintah sebagai relawan medis. Total lebih dari 30 tenaga kesehatan yang terdiri atas dokter, perawat dan bidan dikerahkan untuk melancarkan jalannya kegiatan vaksinasi massal ini.

Pihak Masjid Salman selaku penyelenggara juga bekerja sama dengan kepolisian dan Satgas Covid-19 Kota Bandung untuk memastikan bahwa kegiatan vaksinasi ini berjalan secara lancar tanpa ada kerumunan besar.

"Sejak pelaksanaan vaksinasi pertama, tujuan dari acara vaksinasi dosis kedua Covid-19 ini adalah untuk mencapai herd immunity atau kekebalan kelompok. Kegiatan vaksinasi massal ini diperuntukkan bagi masyarakat, khususnya semua petugas rumah ibadah yang kemudian mendaftar dan teregistrasi untuk dilakukan langkah demi langkah vaksinasi," tutur Suwarno.

Vaksinasi petugas rumah ibadah penting karena mereka menjadi pengelola dari tempat yang rentan menjadi titik penyebaran virus.

"Kita bersama menyukseskan program vaksinasi, supaya masyarakat bisa terhindar dari bahaya akibat wabah dan negeri ini segera keluar dari pandemi. Mari kita saling jaga. Semoga semua kebaikan dibalas oleh Allah SWT," ujar Suwarno.

 

Simak Video Pilihan di Bawah Ini

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.