Sukses

Ribuan Warga Antusias Tambah Kekebalan Terhadap Covid-19 di Kejati Riau

Kejati Riau menyediakan 10 ribu dosis vaksin Covid-19 menyambut Hari Bhakti Adhyaksa dan disambut dengan antusias oleh masyarakat.

Liputan6.com, Pekanbaru - Kejati Riau menyediakan 10 ribu dosis vaksin menyambut Hari Bhakti Adhyaksa. Selama dua hari, jumlah itu diperkirakan bakal ludes karena mulai tingginya kesadaran masyarakat Pekanbaru terhadap vaksin Covid-19 untuk memutus penyeberangannya.

Animo masyarakat ini terlihat sejak Kamis pagi, 8 Juli 2021, dan masih berlangsung hingga pagi Jum'at, 9 Juli 2021. Ribuan masyarakat mengantri, baik di dalam ataupun di luar gedung Kejati Riau di Jalan Jenderal Sudirman.

Untuk menghindari kerumunan yang menjadi celah bagi virus corona menyusup, sekuriti, pegawai hingga jaksa turun tangan mengatur jarak sedemikian rupa. Warga tidak masuk bersamaan dan menunggu dengan jarak diatur petugas.

Warga yang tidak memakai masker disuruh pulang. Selain itu, petugas juga mengukur suhu tubuh warga sebelum masuk ke ruang penyuntikan vaksin Covid-19.

Juga dilakukan screening kesehatan seperti pengecekan tekanan darah, dan wawancara singkat untuk mengetahui ada atau tidaknya penyakit yang diidap.

Ada dua kategori vaksinasi yang dilaksanakan. Pertama untuk umum atau dewasa dengan usia 18 tahun ke atas, kedua kategori anak yaitu usia 12 tahun hingga 17 tahun.

Ratusan anak didampingi orang tuanya ikut disuntik. Orang tua ingin menciptakan kekebalan atau imunitas tubuh karena vaksin yang digunakan yaitu Sinovac disebut punya keampuhan 65 persen lebih.

 

Simak juga video pilihan berikut ini:

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Cukup Bawa KTP

Tidak perlu ribet agar mendapatkan giliran disuntik vaksin Covid-19. Masyarakat cukup membawa Kartu Tanda Penduduk (KTP) Sementara untuk vaksinasi anak, harus membawa foto copy Kartu Keluarga (KK) dan didampingi orang tua.

Asisten Intelijen Kejati Riau Raharjo Budi Kisnanto mengatakan, vaksinasi massal merupakan rangkaian peringatan ke 61Hari Adhyaksa ke-61 pada 22 Juli nanti.

"Kami gelar sejumlah bakti sosial, di antara vaksinasi massal," ujar Raharjo.

Raharjo menyebut vaksinasi bekerja sama dengan Dinas Kesehatan Pekanbaru dan Relawan Covid-19 Riau dari pukul 08.00 WIB hingga 16.00 WIB.

Selain di gedung Kejati Riau, vaksinasi Hari Adhyaksa juga di lakukan Novotel Hotel, IKPTB dan Rumah Sakit Madani. Dia menyebut jumlah yang sudah mendaftar hampir mendekati 10 ribu dosis.

Raharjo menyatakan, tingginya minat masyarakat yang datang menunjukkan kesadaran masyarakat untuk divaksin makin tinggi.

"Dulu masyarakat takut karena banyak berita negatif, sekarang tidak lagi," ucap Raharjo.

Selain hari besar kejaksaan, Raharjo menyatakan upaya yang dilakukan Kejati Riau Riau bertujuan membantu pemerintah mencapai target vaksinasi 1 juta per hari di Indonesia.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.