Sukses

Perkenalkan Batik Kajang Padati, Motif Cantik Rumah Gadang Khas Minangkabau

Liputan6.com, Padang - Pagelaran busana batik dengan motif Rumah Gadang Kajang Padati karya perancang busana Emi Arlin, ambil bagian dalam acara Bincang Kreatif Harapan Baru Ekonomi Kreatif.

Keindahan arsitektur dan seni Rumah Gadang yang ada di Sumatera Barat, khususnya Kota Padang menginspirasi perancang busana yang berasal dari Padang ini untuk membuat batik dengan motif Rumah Gadang.

Emi Arlin mengatakan Sumbar memiliki banyak unsur budaya yang bisa dikembangkan menjadi hasil karya bidang fashion, karena selain indah juga memiliki ciri khas tersendiri.

"Iya banyak sekali hal-hal di Ranah Minang yang bisa dijadikan inspirasi," katanya, Sabtu (19/6/2021).

Dipilihnya motif Kajang Padati menurut Emi, karena Rumah Gadang ini merupakan simbol dan satu dari keberagaman budaya Minangkabau.

 

2 dari 3 halaman

Fashion Khas Ranah Minang

Ia menyebut dirinya ingin menciptakan suatu hasil karya di bidang fashion yang dapat menjadi ciri khas Ranah Minang, sehingga selain menjadi kebanggaan juga bisa menjadi pelepas rindu bagi warga yang berada di rantau.

Emi menjelaskan saat ini hasil karyanya tersebut sudah dipatenkan. Selain itu Emi juga memadukan motif Rumah gadang Kajang Padati dengan motif khas batik lainnya.

"Dipadukan misalnya dengan motif saik galamai maupun taluak paku," jelasnya.

Ia juga telah memodifikasi hasil karyanya sehingga menjadi lebih fashionable, sehingga batik dapat dipakai ke acara-acara yang sifatnya non formal.

"Selain batik, motif Kajang Padati juga dituangkan dalam bentuk tenun maupun sulaman," ia menambahkan.

3 dari 3 halaman

Simak Video Pilihan Berikut Ini: