Sukses

Pemkot Bandung Gelar Vaksinasi Massal di Stadion GBLA, 5.000 Warga Jadi Target

Liputan6.com, Bandung - Pemerintah Kota Bandung menggelar vaksinasi Covid-19 secara massal di Stadion Gelora Bandung Lautan Api (GBLA), Kamis (17/6/2021). Pelaksanaan vaksinasi tersebut bertujuan untuk menekan laju kasus Covid-19 di Kota Bandung yang terus mengalami kenaikan.

Kepala Dinas Pemuda dan Olahraga (Dispora) Kota Bandung Eddy Marwoto mengatakan, vaksinasi ini merupakan instruksi langsung dari pemerintah pusat melalui Panglima TNI Marsekal Hadi Tjahjanto, termasuk Kapolri dan Kementerian Kesehatan. Target peserta vaksinasi di Stadion GBLA ini adalah 5.000 orang.

"Kuota untuk Kota Bandung itu 1.500, sisanya Kabupaten Bandung, Cimahi, dan Kabupaten Bandung Barat," kata Eddy.

Wakil Wali Kota Bandung Yana Mulyana mengatakan, vaksinasi massal di tempat terbuka ini bertujuan untuk meminimalisasi kerumunan.

"Jadi stadion-stadion yang ada di Kota Bandung dijadikan tempat vaksinasi massal. Karena itu area terbuka jadi risikonya kecil kalau orang berkumpul," kata Yana.

Pelaksanaan vaksinasi di Stadion GBLA ini rencananya bakal ditinjau Panglima TNI Marsekal Hadi Tjahjanto dan Kapolri Jenderal Listyo Sigit Prabowo. Keduanya akan berangkat menggunakan pesawat boeing TNI AU dari Base Ops TNI AU Halim Perdana Kusuma Jakarta Timur. 

Kadiv Humas Polri Irjen Pol Argo Yuwono mengatakan Panglima dan Kapolri akan meninjau vaksinasi di Stadion GBLA. Setelah itu, dilanjutkan ke Kudus melalui Semarang, Jawa Tengah, dan dilanjutkan ke Bangkalan, Jawa Timur. 

"Ya, rencana hari ini Bapak Panglima dan Kapolri akan ke Bandung, Kudus dan Bangkalan untuk meninjau vaksinasi. Ini merupakan kunjungan yang kesekian kali mengingat kasus Covid-19 di wilayah tersebut cukup tinggi," kata Argo dalam keterangannya. 

2 dari 3 halaman

Warga Mengantre

Berdasarkan pantauan Liputan6.com, warga sudah mendatangi lokasi vaksinasi sejak pukul 07.00 WIB. Hingga pukul 09.00 WIB, kondisi antrean vaksinasi massal di Gerbang Biru Stadion GBLA tampak tertib.

Tampak petugas gabungan TNI dan Polri mengatur antrean warga yang bakal divaksin. Sementara warga yang mengantre divaksin pun diminta tetap patuhi protokol kesehatan.

Para peserta vaksinasi massal merupakan warga Kota Bandung, Kabupaten Bandung, Kota Cimahi, dan Kabupaten Bandung Barat, yang sudah mendaftar sebelumnya di setiap kantor polsek dan koramil di wilayah Bandung raya.

Warga yang sebelumnya mendaftar, cukup membawa fotokopi KTP dan surat rekomendasi vaksin yang diberikan setiap kantor polisi dan koramil.

Setibanya di Stadion GBLA, warga diminta menunggu dulu di kursi tribun penonton yang sudah disekat per blok. Selanjutnya, panitia akan memanggil peserta yang duduk di setiap blok di kursi penonton untuk maju ke meja validasi.

Salah seorang peserta vaksin, Dewi (56) mengaku senang sudah mendapatkan vaksin Covid-19. Dewi mengaku tak menunggu lama dalam antrean karena sudah berusia di atas 50 tahun.

"Jadi, tadi tinggal menyerahkan fotokopi KTP dan surat rekomendasi vaksin. Saat di meja, petugas menanyakan riwayat penyakit sampai akhirnya ditensi. Semuanya lancar sampai disuntik," ujar dia.

3 dari 3 halaman

Vaksinasi Lansia