Sukses

Sarapan Sehat dengan Bubur Kacang Padi Khas Ranah Minang

Liputan6.com, Padang - Sarapan adalah kebiasaan masyarakat pada pagi hari sebelum beraktivitas. Ragam menu sarapan menjadi pilihan, di Sumatera Barat salah satunya adalah bubur kacang padi.

Kacang padi adalah sebutan untuk kacang hijau bagi masyarakat Sumbar. Bubur kacang padi menjadi santapan legendaris di Minangkabau.

Penjualnya juga sangat mudah ditemui, saat pagi tiba, bubur ini selalu menjadi primadona sebagai santapan lezat mengisi lambung.

Rasanya yang gurih dan lembut serta kuah santannya yang manis, membangkitkan gairah untuk menjalani aktivitas padat seharian.

Saat menyantap bubur ini, urang awak biasa mencampurnya dengan ketan atau roti tawar. Campuran ketan atau roti tawar menambah lezat penganan ini, juga sekaligus menambah kenyang.

Bubur kacang padi dijual sekitar Rp5.000 hingga Rp8.000 per porsi. Harga yang cukup hemat di kantong dan kenyang di perut.

 

2 dari 3 halaman

Menu Sarapan Favorit

Salah seorang warga Limapuluh Kota, Hilda mengatakan bubur kacang padi adalah salah satu menu sarapan favoritnya sejak kecil.

"Iya dari kecil suka, walaupun tidak setiap hari, biasanya dicampur ketan," ujarnya.

Bubur kacang padi juga diyakini merupakan sarapan yang menyehatkan, sebab kacang hijau memiliki kadar gizi yang tinggi.

Dilansir https://www.alodokter.com/ kacang hijau memiliki kandungan yang baik untuk tubuh, kacang-kacangan ini bermanfaat mengurangi risiko kehamilan bermasalah, melancarkan pencernaan dan menurunkan risiko penyakit jantung.

Kemudian membantu menjaga berat badan, menurunkan kadar kolesterol, sumber karbohidrat dan serat yang baik bagi tubuh, dan menurunkan risiko osteoporosis.

3 dari 3 halaman

Simak VIdeo Pilihan Berikut Ini: