Sukses

Hendak Mudik, Pengendara Motor Pura-Pura Kesurupan Saat Diminta Putar Balik

Liputan6.com, Bandung - Seorang pengendara motor pura-pura kesurupan saat diminta putar balik oleh petugas kepolisian di pos penyekatan jalur arteri di kawasan Padalarang, Kabupaten Bandung Barat pada Selasa (11/5/2021). Akal-akalan pengendara tersebut diduga karena dirinya ingin mudik.

Kasat Lantas Polres Cimahi AKP Sudirianto membenarkan insiden tersebut terjadi siang tadi sekitar pukul 11.00 WIB. Pengendara itu diketahui berasal dari Bekasi dan hendak mudik ke Tasikmalaya.

"Jadi lagi ada penyekatan dari jalan arteri yang mana ada yang berasal dari Cianjur dan Purwakarta ke arah Cimahi. Ada dua pengendara motor leter z mau pulang ke Tasik. Keduanya tidak bawa surat keterangan sehat antigen," kata Kasatlantas Polres Cimahi Ajun Komisaris Sudirianto saat dihubungi, Selasa (11/5/2021).

Petugas pun kemudian menyarankan agar kedua pengendara tersebut mengikuti tes antigen yang disediakan petugas. Keduanya pun negatif Covid-19.

Namun, salah satu pengendara tidak memiliki kelengkapan dokumen perjalanan seperti STNK dan SIM. Polisi pun menilang pemilik kendaraan.

"Dikarenakan yang satu enggak bawa surat maka dilakukan penilangan. Enggak bawa STNK dan SIM kita tahan motornya terus kita saran putar balik kemudian enggak begitu lama dia kesurupan," kata Sudir.

Polisi yang tahu itu hanya pura-pura akhirnya hanya membiarkan pria itu bersandiwara dengan berpura-pura kesurupan.

"Kita juga awalnya ketakutan karena kesurupan. Mau dikasih minum masih puasa. Tapi sudah 15 menit sadar sendiri dia putar balik," ujar Sudir.

Setelah sadar aksinya gagal mengelabui petugas, pria tersebut bersama rekannya bersedia putar balik ke arah Jakarta bersama dengan rekannya yang kena tilang.

Selama masa penyekatan larangan mudik, Sudir mengakui pihaknya menemukan trik-trik yang dilakukan pemudik agar bisa lolos dari penyekatan mulai dari menaiki bak tertutup, berpura-pura belanja, hingga yang terbaru pura-pura kesurupan.

"Feeling saya berpura-pura. Lumayan, ada hiburan buat petugas yang jaga," canda Sudir.

Peristiwa pemotor pura-pura kesurupan tersebut sontak viral di berbagai jejaring media sosial karena perilaku unik yang terjadi bak Prabu Siliwangi. Dalam video berdurasi sekitar 1 menit 30 detik itu, pengendara berjaket hitam itu berdiri gagah dengan tangan di pinggang.

"Ieu wilayah aing, ieu wilayah aing!," kata pria pemotor yang berpura-pura kesurupan tersebut.

2 dari 2 halaman

Simak Video Pilihan di Bawah Ini