Sukses

Tarian Daerah dan Ulos Sambut Kapolda Sumut Baru

Tarian daerah dan pemberian ulos menyambut Kepala Kepolisian Daerah Sumatera Utara (Polda Sumut) yang baru, Irjen Pol Panca Putra Simanjuntak beserta istri, Rita, di Mapolda Sumut, jalan Sisingamangaraja, Kota Medan, Jumat (12/3/2021).

Liputan6.com, Medan Tarian daerah dan pemberian ulos menyambut Kepala Kepolisian Daerah Sumatera Utara (Kapolda Sumut) yang baru, Irjen Pol Panca Putra Simanjuntak beserta istri, Rita, di Mapolda Sumut, jalan Sisingamangaraja, Kota Medan, Jumat (12/3/2021).

Panca beserta istri juga disambut mantan Kapolda Sumut, Irjen Pol Martuani Sormin, yang kini menjabat sebagai Koorsahli Kapolri beserta istri, Risma, Wakapolda Sumut, Brigjen Pol Dadang Hartanto, para PJU Polda Sumut, dan para Kapolres/tabes jajaran.

Kapolda Sumut Panca Putra beserta istri turut menerima pengalungan bunga, kemudian dilanjutkan dengan pemakaian ulos oleh Martuani beserta istri. Selanjutnya Panca menyampaikan laporan kesatuan, dilanjutkan penyerahan naskah memori serah terima jabatan.

Diiringi tarian etnis, Kapolda Panca beserta istri menuju gedung utama Mapolda Sumut. Seluruh kegiatan penyambutan Kapolda Sumut tetap dilaksanakan dengan menerapkan protokol kesehatan Covid-19.

Kemudian dilanjutkan upacara penyerahan Pataka Satya Bakti Jaya di Lapangan Ks Tubun Mapolda Sumut. Upacara dilaksanakan dari Kapolda Sumut lama, Martuani Sormin, kepada Kapolda Sumut barum, Panca Putra Simanjuntak.

"Sebagai orang baru, saya mohon dukungan dari seluruh personel untuk dapat menjalankan tugas pengabdian di Polda Sumut," kata Panca.

** #IngatPesanIbu

Pakai Masker, Cuci Tangan Pakai Sabun, Jaga Jarak dan Hindari Kerumunan.

Selalu Jaga Kesehatan, Jangan Sampai Tertular dan Jaga Keluarga Kita.

Saksikan Video Menarik Berikut ini:

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Jaga Kamtibmas di Sumut

Disebutkan, pengabdian yang diberikan dalam rangka menjaga situasi Keamanan Ketertiban Masyarakat (Kamtibmas) di Sumut tetap kondusif, serta mewujudkan program Kapolri yang menjadikan Polri Presisi.

"Saya harap kepada seluruh rekan-rekan dapat menjalankan tugas, dan hadir di tengah-tengah masyarakat, mengantisipasi adanya gangguan Kamtibmas," sebutnya.

Diungkapkan Mantan Kapolda Sulawesi Utara (Sulut), dalam menghadapi pandemi Covid-19, seluruh personel tetap menjalankan tugas dengan sebaik-baiknya, dan tetap mengutamakan protokol kesehatan secara ketat.

"Terus jalankan program penanganan Covid-19 dengan baik, sehingga penyebaran Covid-19 di Sumut bisa diatasi," ungkap Kapolda Sumut.

3 dari 3 halaman

Serahkan Tongkat Estafet

Kapolda Sumut lama, Irjen Pol Martuani Sormin menerangkan, mutasi jabatan merupakan program rutin Polri dalam peningkatan Sumber Daya Manusia (SDM) dan bersifat biasa. Menurutnya, selama ini sudah banyak yang dikerjakan saat menjabat sebagai Kapolda Sumut.

"Hari ini tongkat estafet saya serahkan kepada Panca Putra Simanjuntak sebagai Kapolda Sumut yang baru, dan berakhirlah tugas saya di Sumut," ucapnya.

Martuani menyampaikan permohonan maaf apabila selama bertugas di Polda Sumut adanya kesalahan. Martuani mendoakan kepemimpinan Kapolda Sumut yang baru, Panca Putra, mampu menyelesaikan seluruh tugas yang belum dituntaskan.

"Selamat bertugas," tandas Martuani.

Kapolri Jenderal Pol Listyo Sigit Prabowo sebelumnya melakukan mutasi jabatan Kapolda Sumut. Dalam surat itu, Irjen Pol Panca Putra Simanjuntak sebagai Kapolda Sumut menggantikan Irjen Pol Martuani Sormin yang dipercayakan sebagai Koorsahli Kapolri.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.