Sukses

Setahun Tutup karena Covid-19, Tempat Wisata di Minahasa Tenggara Bakal Dibuka Lagi

Liputan6.com, Minahasa Tenggara - Kabar menggembirakan datang dari Kabupaten Minahasa Tenggara, Sulawesi Utara. Sejumlah destinasi wisata di wilayah itu akan dibuka lagi untuk umum setelah hampir setahun ditutup akibat pandemi Covid-19.

"Sejumlah tempat wisata di Minahasa Tenggara sudah bisa dibuka kembali untuk umum," kata Ketua Satuan Gugus Tugas Penanganan Covid-19 Minahasa Tenggara Yani Rolos di Ratahan, Senin (8/3/2021).

Ia mengatakan pembukaan sejumlah objek wisata tersebut berdasarkan pertimbangan ekonomi masyarakat, khususnya di sektor pariwisata yang terdampak langsung akibat pandemi Covid-19.

"Langkah ini diambil guna peningkatan perekonomian masyarakat. Kami membuka ruang bagi masyarakat pelaku usaha kecil yang ada di setiap objek wisata," ujarnya.

Menurut Yani, pembukaan sejumlah objek wisata tersebut harus tetap menerapkan protokol kesehatan yang sangat ketat.

"Satgas membuka seluruh objek wisata namun harus tetap penerapan protokol kesehatan yang sangat ketat. Meski untuk kabupaten Minahasa Tenggara angka penambahan kasus terkonfirmasi Covid-19 mulai bisa dikendalikan," tandas dia.

Kepala Dinas Pariwisata dan Kebudayaan Minahasa Tenggara Sartje Taogan mengatakan pihaknya telah menyampaikan kepada pengelola objek wisata untuk menyiapkan fasilitas penunjang protokol kesehatan.

"Semua standar penerapan protokol kesehatan kami wajib kepada pengelola ketika membuka objek wisata," katanya.

Setiap destinasi wisata di Minahasa Tenggara kata Sartje harus menyiapkan, alat pengukur suhu tubuh, dan hand sanitizer, serta wajib melakukan penyemprotan disinfektan secara rutin.

"Penanggung jawab objek wisata harus memberikan rasa nyaman, aman dan sehat. Artinya harus memerhatikan disiplin penerapan protokol kesehatan," katanya menambahkan.

 

 

**Ingat #PesanIbu

Pakai Masker, Cuci Tangan Pakai Sabun, Jaga Jarak dan Hindari Kerumunan.

Selalu jaga Kesehatan, Jangan Sampai Tertular dan Jaga Keluarga Kita.

2 dari 2 halaman

Simak juga video pilihan berikut ini: