Sukses

Percepat Vaksinasi Covid-19, Kodam III/Siliwangi Kerahkan Ribuan Prajurit Jadi Vaksinator

Upaya mengatasi dan mencegah penyebaran Covid-19 juga turut dilakukan TNI.

Liputan6.com, Bandung - Upaya mengatasi dan mencegah penyebaran Covid-19 juga turut dilakukan TNI. Di Jawa Barat, Kodam III/Siliwangi mengerahkan sebanyak 6.000 prajurit yang bertugas sebagai vaksinator atau penyuntik vaksin.

Selain vaksinator, para prajurit Kodam III/Siliwangi juga bakal dilibatkan dalam penelusuran kontak erat atau tracer orang yang diduga terpapar Covid-19.

Pangdam III/Siliwangi Mayjen TNI Nugroho Budi Wiryanto mengatakan, sebagai ujung tombak pembina kewilayahan, TNI Angkatan Darat memiliki komitmen untuk terlibat secara aktif membantu program pemerintah dalam mengatasi pandemi Covid-19 di daerah.

Serta juga membantu warga masyarakat yang terkena dampak dari pandemi Covid-19, dengan mengoptimalkan sumber daya prajurit dan sarana prasarana yang dimiliki untuk mengatasinya.

"Para Babinsa dengan tenaga kesehatan langsung terjun di lapangan untuk membantu mempercepat program vaksinasi, menelusuri dan mendata kasus-kasus aktif Covid-19 yang terjadi di masyarakat dimulai di tingkat RT dan RW serta juga menegakkan disiplin masyarakat dalam mentaati protokol kesehatan,” kata Nugroho saat menghadiri Apel Kesiapan Tenaga Vaksinator dan Tracer Covid-19 di Lapangan Makodam III/Siliwangi, Kota Bandung, Rabu (10/2/2021).

Nugroho menjelaskan, tujuan untuk mempercepat terlaksananya program vaksinasi dan Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat (PPKM) Skala Mikro, pihaknya akan mengerahkan 6.000 personel. Terdiri dari TNI AD 5.690, TNI AL 70, dan TNI AU 240 personel.

Nugroho juga mengucapkan terima kasih dan penghargaan kepada relawan tenaga vaksinator dan tracer Covid-19. Ia meminta prajurit melaksanakan tugas dengan baik, disiplin, dan profesional, serta selalu menjaga soliditas dan koordinasi yang baik dengan pihak-pihak terkait di lapangan.

"Ini tugas mulia. Saya yakin dan percaya dengan bekal pengalaman dan keterampilan yang dimiliki, tugas besar ini dapat dilaksanakan dengan baik dan lancar. Semoga upaya ini mempercepat penyelesaian berbagai masalah terkait dengan pandemi Covid-19," kata dia.

Simak Video Pilihan di Bawah Ini

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.