Sukses

IDI Bandarlampung Kecam RS Jika Vaksinasi Covid-19 Dijadikan Lahan Bisnis

Ikatan Dokter Indonesia (IDI) Cabang Bandarlampung bakal mengecam keras jika vaksinasi Covid-19 mandiri dijadikan lahan bisnis bagi rumah sakit.

Liputan6.com, Bandarlampung - Ikatan Dokter Indonesia (IDI) Cabang Bandarlampung bakal mengecam keras jika vaksinasi Covid-19 mandiri dijadikan lahan bisnis bagi rumah sakit. 

Ketua IDI Cabang Bandarlampung, Aditya M Biomed, Senin (2/2/2021) mengatakan, rumah sakit tidak boleh sembarangan dan mengambil keuntungan dari vaksinasi jika memang pemerintah mengizinkannya.

"Kita kecam keras bila itu sampai terjadi, karena di masa pandemi ini tidak boleh menumpuk kekayaan semata dari vaksinasi mandiri," kata Aditya.

Apalagi, kata dia, informasi yang didapatkannya sudah ada sejumlah masyarakat yang memesan vaksin untuk melakukan vaksinasi mandiri.

"Saya dengar sudah ada yang inden dan segala macem, artinya nanti hanya orang-orang kaya saja yang boleh vaksinasi, padahal kita ini sedang bertaruh masalah kesehatan," katanya.

Aditya menyarankan, masyarakat yang ingin melakukan vaksinasi Covid-19 agar memakai vaksin yang sudah jelas direkomendasikan Badan Pengawas Obat dan Makanan (BPOM), dan dijamin kehalalan oleh Majelis Ulama Indonesia (MUI).

​​​​​​"Secara pribadi, kalau saya kurang setuju, apalagi vaksinasi mandiri itu memakai vaksin Pfizer dan AstraZenecca yang sebenarnya pengetahuan kita belum cukup, teknik dan teknologinya baru, kalau mau ya pakai rekomendasi BPOM yang sudah jelas," katanya.

Namun, lanjut dia, apabila pemerintah pusat mengizinkan rumah sakit melakukan vaksinasi mandiri dengan vaksin Covid-19 Pfizer dan AstraZenecca, silakan saja dimanfaatkan kesempatan itu.

"Tapi apakah berani mengambil risikonya," katanya.

Simak juga video pilihan berikut ini:

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Infografis

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.