Sukses

Cerita Kasur Pangdam XIV Hasanuddin Bikin Lelap Korban Banjir Bandang di Sultra

Liputan6.com, Kendari - Banjir bandang menerjang delapan desa dan dua kelurahan di Kecamatan Lasusua, Kabupaten Kolaka Utara, Desember 2020. Desa terparah, Pitulua dan Batu Ganda. Tak menunggu lama, Pangdam XIV Hasanuddin Mayjen TNI Andi Sumangerukka, langsung turun tangan bersama jajarannya pada dua wilayah itu.

Menariknya, setelah sebelumnya membedah rumah korban banjir dan memberi bantuan ratusan paket sembako, Pangdam XIV Hasanuddin juga mengirimkan bantuan lainnya. Melalui Komandan Kodim 1412/Kolaka Letkol Inf Risa Wahyu Puji S dan anggotanya, jenderal TNI asal Sultra ini mengirimkan 150 unit kasur alas tidur bagi warga korban banjir kurang mampu, Rabu (13/1/2021).

Risa Wahyu Puji mengatakan, bantuan ini merupakan rentetan bantuan lain yang sudah diberikan kepada warga. Sebelumnya, pihak TNI juga ikut memberikan sejumlah paket buku belajar bagi pelajar yang menjadi korban banjir. bandang.

"Dua daerah ini, diantara yang terparah. Ini bentuk perhatian Panglima Kodam XIV Hasanuddin dan anggota TNI secara umum terhadap warga Kolaka Utara yang terdampak banjir bandang," ujar Kolonel Inf Risa Wahyu Puji S.

Salah seorang warga Pitulua, Amrin (42), memberikan apresiasi kepada Pangdam XIV/Hasanuddin. Dia menyebut, kasur ini benar-benar dibutuhkan warga yang sebagia besar perabotannya terendam banijir.

"Terima kasih kepada bapak Pangdam yang telah peduli dengan nasib masyarakat yang kena musibah," ujar Amrin.

Warga lainnya, Daeng Mansur (40), selain mengungkapkan rasa bahagia dan terima kasih kepada Mayjen TNI Andi Sumangerukka, dia kini mengaku dapat tertidur dengan lelap.

"Sebelumnya saya tidur di tempat seadanya. Sekarang saya sudah bisa tidur dengan nyaman Pak, karena adanya bantuan kasur dan bedah rumah dari Pak Pangdam ini," ungkapnya.

Sebelumnya, banjir bandang Kolaka Utara menerjang sejumlah desa. Batu Ganda dan Pitulua terparah, karena berada di sepanjang aliran dan muara sungai terbesar di wilayah itu.

2 dari 3 halaman

Terobos Jalan Rusak

Sebelumnya, Mayjen TNI Andi Sumangerukka juga memberikan bantuan paket sembako. Usai melewati akses jalur jalan yang terputus karena banjir bandang, pihak TNI bisa bertemu warga setempat.

Dandim 1412 Kolaka, Kolonel Inf Risa Wahyu Puji mengatakan, bantuan lainnya berupa berupa komputer bagi sekolah di sana. Dia mengatakan, mengantar langsung bantuan bersama Babinsa setempat.

"Tadi bersama Danramil 12-03 Lasusua, Kapten Inf. Sudarto dan bersama Babinsa Desa Pitulua, Sertu Imran Jaya," ujar Risa.

Terkait bantuan kasur Dacron lipat, menurutnya difokuskan pada korban terdampak banjir beberapa waktu lalu. Pertimbangan dari bantuan ini banyak alat perlengkapan rumah tangga yang terendam banjir, khususnya kasur yang rusak karena lumpur.

"Setelah dari desa Pitulua, kita antar bantuan Pangdam ini ke Desa Batu Ganda dan secara simbolis oleh Babinsa Batu Ganda (Serka Rusman) di Posko Penanggulangan Bencana Banjir Koramil 1412-03 Lasusua. Selanjutnya, distribusikan langsung ke rumah warga," terang Risa.

Dia memungkasi, bantuan kasur dari Pangdam XIV Hasanuddin, Mayjen TNI Andi Sumangerukka, warga Kabupaten Kolaka Utara, Sulawesi Tenggara yang menjadi korban banjir bandang Kolaka Utara kini dapat beristirahat dan tidur lelap.

Untuk diketahui, proses penyerahan bantuan tersebut dilaksanakan dengan menerapkan protokol kesehatan untuk mencegah penularan COVID-19 yaitu dengan cara mewajibkan setiap peserta yang hadir untuk memakai masker, mencuci tangan serta menjaga jarak antara satu dengan yang lainnya.

 

 

3 dari 3 halaman

Saksikan juga video pilihan berikut ini: