Sukses

Ajang Piala Dunia U-20 di Bali Mampu Bangkitkan Potensi Sport Tourism

Liputan6.com, Denpasar Renovasi Venue Utama Stadion Kapten I Wayan Dipta di Desa Buruan, Kecamatan Blahbatuh, Kabupaten Gianyar dan Lapangan Latihan Piala Dunia U-20 di Provinsi Bali menjadi salah satu pembahasan yang disampaikan oleh Gubernur Bali, Wayan Koster saat menerima Kunjungan Kerja (Kunker) Komisi V DPR-RI, yang dipimpin oleh Ketua Tim Kunjungan Kerja Komisi V DPR-RI, H. Andi Iwan Darmawan Aras, Senin (14/12) di Gedung Wiswa Sabha Utama, Kantor Gubernur Bali.

Menurutnya, Piala Dunia U-20 demi nama baik Bali dan Indonesia di mata Internasional, Gubernur Koster memohon dukungan penuh kepada Pimpinan dan Anggota Komisi V DPR-RI yang membidangi Infrastruktur ini, selain membidangi Transportasi, Daerah Tertinggal dan Transmigrasi, Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika, dan Pencarian dan Pertolongan.

"Saya memohon dukungan, agar program Renovasi Venue Utama Stadion Kapten I Wayan Dipta dan Lapangan Latihan Piala Dunia U-20 di Provinsi Bali bisa berjalan lancar," ujar Koster.

Ia berharap dengan direnovasinya Stadion Kapten I Wayan Dipta, maka diharapkan bisa dijadikan ajang untuk pengembangan wisata olah raga di Bali.

Sebelumnya, renovasi Venue Utama Stadion Kapten I Wayan Dipta dan Lapangan Latihan Piala Dunia U-20 di Provinsi Bali ini dapat terwujud, karena berdasarkan Instruksi Presiden Republik Indonesia Nomor 8 Tahun 2020 tentang Dukungan Penyelenggaraan FIFA U-20 WORLD CUP Tahun 2021. Kemudian Pemerintah menugaskan Kementrian PUPR untuk melaksanakan renovasi Lapangan Venue Utama dan Lapangan Latihan dalam rangka Penyelenggaraan FIFA U-20 WORLD CUP Tahun 2021.

 

2 dari 2 halaman

Pengembangan Sport Tourism

Secara teknis, Kementrian PUPR melalui Direktorat Jenderal Cipta Karya, Balai Prasarana Permukiman Wilayah Bali, satuan kerja pelaksanaan prasarana permukiman Provinsi Bali mentargetkan renovasi Stadion Kapten I Wayan Dipta dan Lapangan Latihan Piala Dunia U-20 di Provinsi Bali, seperti Stadion I Gusti Ngurah Rai, Stadion Kompyang Sudjana, Stadion Gelora Samudra, dan Stadion Gelora Tri Sakti tuntas dikerjakan pada tanggal 18 Mei 2021, yang sebelumnya sudah dikerjakan sejak tanggal 20 November 2020.

Untuk diketahui, kegiatan tersebut meliputi pekerjaan persiapan, pekerjaan rehabilitasi struktur, pekerjaan arsitektur, pekerjaan mekanikal, elektrikal dan plumbing, pekerjaan lapangan, pekerjaan lampu lapangan 2400 Lux (min FIFA requierrments), pekerjaan kursi dan scoring board, pekerjaan kawasan, hingga penambahan atau penyambungan daya.