Sukses

Rayakan Ulang Tahun, PSI di Kaltim Bersihkan Tempat Ibadah

Liputan6.com, Samarinda - Puluhan kader dan simpatisan Partai Solidaritas Indonesia (PSI) di Kota Bontang, Kalimantan Timur menggelar bakti sosial berupa membersihkan tempat ibadah. Kegiatan tersebut dilaksanakan dalam rangka Ulang Tahun ke-6 PSI.

Ketua DPD PSI Kota Bontang, Amriadi, menyebut rangkaian kegiatan ulang tahun PSI ini sengaja memilih bakti sosial agar partai politik bisa lebih dekat dengan masyarakat. Dua rumah ibadah beda agama menjadi sasaran pengurus, kader, dan simpatisan PSI Bontang.

“Jadi hari ini ada dua tempat ibadah yakni masjid dan gereja di Kawasan Bontang Lestari yang kita bersihkan dan cat pagarnya,” kata Amriadi, Minggu (29/11/2020).

Bakti sosial ini, sambungnya, disambut baik oleh warga setempat, terutama pengurus tempat ibadah tersebut. Terbukti, warga setempat dan pengurus tempat ibadah ikut membantu bakti sosial parta berlambang bunga mawar itu.

“PSI memilih kegiatan ini sebagai perwujudan nilai-nilai keragaman dan toleransi. Keragaman dan toleransi tidak sebatas kata-kata tetapi dilakukan langsung,” tambahnya.

PSI Kota Bontang, kata Amriadi, akan menjadikan kegiatan bakti sosial ini sebagai program rutin.

“Tidak menutup dalam perayaan hari-hari besar keagamaan PSI akan terus terlibat,” ujarnya.

2 dari 4 halaman

Bersihkan Pura

Di tempat lain, DPD PSI Kabupaten Kutai Kartanegara juga menggelar bakti sosial serupa. Bedanya, mereka membersihkan tempat ibadah umat Hindu yakni Pura.

Ketua DPD PSI Kabupaten Kutai Kartanegara Yura Patton menyebut bakti sosial ini sengaja dipilih mengingat dalam sejarah di Kutai Kartanegara pernah berdiri kerajaan Hindu tertua di Indonesia.

“Selain bakti sosial membersihkan pura dalam rangka ulang tahun PSI, ini juga sebagai simbol pengingat sejarah bahwa di sini pernah ada kerajaan bercorak Hindu,” kata Yura.

Demi menerapkan protokol Kesehatan, hanya 12 orang yang merupakan perwakilan pengurus dan simpatisan PSI yang ikut bakti sosial ini. Lokasi bakti sosial adalah Pura Pasupati yang terletak di Desa Kerta Buana, Kecamatan Tenggarong Seberang, Kabupaten Kutai Kartanegara.

“Kita sebenarnya ingin mengerahkan sebanyak-banyak pengurus, kader, maupun simpatisan PSI untuk bakti sosial ini. Namun karena masih ada pandemi, kita membatasi. Namun semangat toleransi harus kita tunjukkan,” tambahnya.

3 dari 4 halaman

Tanam Pohon dan Donor Darah

Tak hanya bakti sosial di tempat ibadah, PSI di Kaltim juga menggelar bakti sosial berupa penanaman pohon, donor darah, hingga memberikan bantuan ke lembaga sosial. Di Kota Bontang misalnya, lokasi yang dipilih untuk penanaman pohon adalah kawasan mangrove.

“Lokasinya berada di Pagung, masih di Kawasan Bontang Lestari. Kita ingin, persoalan lingkungan menjadi perhatian serius di kota industri seperti Bontang ini,” kata Amriadi.

PSI Kota Bontang juga menyambangi sebuah pondok pesantren dan yatim piatu seraya menyerahkan bantuan. Pada kesempatan itu, pimpinan pondok pesantren berharap agar PSI menyampaikan aspirasi mereka yaitu perbaikan akses jalan.

“Akses jalan menuju pesantren itu belum diperbaiki, nanti akan kami sampaikan aspirasi ini kepada kepala daerah,” ujar Amriadi.

Aksi donor darah di Palang Merah Indonesia (PMI) juga dilaksanakan serentak. Tak hanya Kota Bontang, PSI di Kota Samarinda juga menggelar bakti sosial serupa.

“Harapannya, di usia PSI yang keenam, kehadiran kita bisa memberi manfaat buat masyarakat luas,” kata Ketua DPD PSI Kota Samarinda Muhammad Luthfi.

4 dari 4 halaman

Simak juga video pilihan berikut