Sukses

4 Orang di Kantor DPRD Sumut Positif Covid-19, Seluruh Anggota Dewan Swab Tes

Liputan6.com, Medan - Seluruh anggota Dewan Perwakilan Rakyat Daerah Sumatera Utara (DPRD Sumut) dan staf serta pegawai menjalani swab tes. Langkah ini diambil karena adanya 2 anggota DPRD Sumut, seorang staf, dan seorang Aparatur Sipil Negara (ASN) terpapar Covid-19.

Dalam surat Gugus Tugas Percepatan Penanganan (GTPP) Covid-19 Provinsi Sumut kepada Ketua DPRD Sumut tertanggal 26 September 2020, disebutkan swab tes dilakukan dalam rangka tracing guna memutus rantai penyebaran Covid di lingkungan Sekretariat DPRD Sumut.

"Ada empat orang positif Covid-19 di DPRD Sumut. Jadi, kita sarankan di sana semua ikut tes," kata Ketua GTPP Covid-19 Sumut, Alwi Mujahid, Selasa (29/9/2020).

Ketua DPRD Sumut, Baskami Ginting, membenarkan adanya swab tes terhadap seluruh penghuni Kantor DPRD Sumut, Jalan Imam Bonjol, Kecamatan Medan Polonia, Kota Medan.

"Semua saya minta swab tes, baik anggota dewan, staf, dan semua yang ada di Kantor DPRD Sumut ini," ujarnya.

2 dari 4 halaman

2 Anggota DPRD Sumut Positif Covid-19

Baskami menuturkan, dari data yang diperolehnya, 2 orang anggota DPRD Sumut yang dinyatakan positif Covid-19 antara lain Meryl Rouli Saragih, anggota DPRD Sumut dari Fraksi PDIP dan Ketua Komisi E DPRD Sumut, Dimas Tri Adji.

"Makanya saya minta kawan-kawan semua swab tes. Saya belum dapat info dari mana mereka itu Covid-19. Infonya mereka kena (Covid-19), terus isolasi," terangnya.

3 dari 4 halaman

Covid-19 di Sumut

Juru Bicara (Jubir) GTPP Covid-19 Sumut, Whiko Irwan menuturkan, data per tanggal 28 September 2020, konfirmasi positif Covid-19 di Sumut mencapai angka 10.123 kasus, meningkat 670 kasus dibanding minggu lalu, dan suspek 948 orang.

Sedangkan untuk kesembuhan meningkat 812 kasus dengan total 6.635 dan meninggal minggu ini 21 orang. Total spesimen yang telah diuji GTPP Covid-19 Sumut saat ini 89.294.

"Kita harus menyadari, saat ini kita hidup berdampingan dengan Covid-19. Mari kita melaksanakan protokol kesehatan pencegahan Covid-19 dengan cara gunakan masker pelindung hidung dan mulut, jaga jarak, cuci tangan dengan sabun, dan hindari kerumunan," ajak Whiko.

4 dari 4 halaman

Saksikan video pilihan di bawah ini: