Sukses

Donor Darah di Tengah Pandemi Covid-19, Lanal Mamuju Terapkan Protokol Kesehatan

Donor darah yang dilaksanakan di Mako Lanal Mamuju itu, ditargetkan mampu mengumpulkan lebih dari 100 kantong darah.

Liputan6.com, Mamuju - Dalam rangka memperingati HUT ke-75 TNI Angkatan Laut (AL), Lanal Mamuju menggelar kegiatan bakti sosial donor darah. Kegiatan yang dilaksanakan di Mako Lanal Mamuju itu, ditargetkan mampu mengumpulkan lebih dari 100 kantong darah.

"Kita ketahui Sulbar saat ini, untuk persediaan darahnya sangat terbatas, oleh karena itu kita bekerja sama dengan PMI Sulbar untuk melaksanakan donor darah ini," kata Danlanal Mamuju Letkol Marinir Laode Jimmy HR kepada Liputan6.com, Rabu (09/09/2020).

Lanjut La Ode, dalam kegiatan donor darah ini, pihaknya melibatkan seluruh instansi pemerintah yang ada di Mamuju, baik kabupaten dan provinsi, termasuk TNI dan Polri. Protokol kesehatan yang ketat tatap diterapkan dalam kegiatan donor darah ini.

"Yang ingin donor kita rapid test dulu, jadi kalau reaktif tidak kita ikutkan, kita tetap ketat di tengah pandemi Covid-19 ini," ujar La Ode.

La Ode juga mengungkapkan, khusus untuk anggota TNI AL di Lanal Mamuju diwajibkan untuk mengikuti donor darah ini. Karena menurutnya, prajurit TNI AL yang kesehariannya sudah menjalani pelatihan fisik serta pola makan sehat dipercaya bakal dapat mendonorkan darah yang sehat.

"Semua anggota saya wajib donor darah, tapi ada beberapa yang belum saya lihat ini," ujar La Ode sembari tertawa.

Untuk puncak HUT ke-75 TNI AL dilaksanakan pada 10 September dan dilaksanakan secara virtual yang berpusat di Jakarta. Tidak akan ada perayaan yang meriah dalam peringatan HUT TNI AL kali ini, untuk menghindari timbulnya klaster baru Covid-19.

"Kita hanya akan melaksanakan bakti sosial, namun, baru koordinasi ke desa-desannya, mengenai kesiapan kegiatan, rencananya kita laksanakan mulai 10-11 September," tutup La Ode.

Saksikan video pilihan di bawah ini:

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.