Sukses

Pangdam Udayana, Beri Penghargaan 28 Prajurit Pendonor Plasma Konvalesen

Pangdam Udayana berikan penghargaan untuk prajurit yang telah mendonorkan plasma konvalesen untuk pasien positif Covid-19.

Liputan6.com, Denpasar Pangdam IX/Udayana Mayjen TNI Kurnia Dewantara kumpulkan puluhan prajurit sebelumnya telah mendonorkan plasma konvalesen untuk kesembuhan Covid-19. Puluhan prajurit tersebut dikumpulkan di Aula Kodam IX Udayana Bali,

Prajurit yang mendonorkan plasma konvalesen tersebut diberikan penghargaan berupa piagam penghargaan dan beberapa hadiah lainnya. Bahkan, Anggota yang telah mendonorkan darahnya akan diberi kesempatan untuk pendidikan dan pelatihan.

"Ada yang mau Secapa. Pendidikan Secapa itu dari Bintara menjadi perwira. Ini menjadi perhatian saya, untuk menjadi prioritas bagi mereka yang donor. Ini bisa disusulkan, dan bisa langsung diproses di pusat," kata Pangdam di Makodam Udayana, Kamis (13/8/2020).

Dalam kesempatan itu Pangdam mengatakan akan memberikan perhatian khusus untuk prajurit yang telah secara sukarela menjadi pendonor plasma konvalesen.

“Yang menerima penghargaan ada 28 orang. Mereka berasal dari berbagai jenjang yang sebelumnya dinyatakan positif Covid-19 dan kemudian dirawat hingga sembuh. Penghargaan ini tidak sebanding dengan ketulusan dan niat baik para pendonor dan berharap kegiatan donor plasma konvalesen dapat menginspirasi segenap stakeholder yang ada di Bali untuk tergerak hatinya melakukan hal serupa,” tuturnya.

"Mereka saya anggap sebagai Veteran Perang melawan Covid-19 karena mereka sudah berhasil sembuh melawan Covid-19. Harapan saya kepada seluruh masyarakat khususnya yang berada di Provinsi Bali, mari kita sama-sama mendukung pemerintah, khususnya kepada Bapak Gubernur Bali untuk bisa melakukan berbagai upaya bagaimana meningkatkan kesembuhan, bagaimana menekan terjadinya kasus meninggal karena Covid-19. Salah satu cara adalah dengan memberikan donor plasma konvalesen. Oleh karena itu bagi masyarakat yang sudah pernah terpapar, Covid-19 dan saat ini sudah sembuh, saya himbau untuk mau dan berkenan secara suka rela memberikan donor darahnya atau plasmanya," katanya.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.