Sukses

Cerita Rakyat Asal Mula Terjadinya Selat Bali dalam Bingkai Video Animasi

Saksikan cerita rakyat Nusantara selengkapnya di kanal Dongeng Kita yang ada di aplikasi dan situs streaming Vidio.

Liputan6.com, Jakarta - Salah satu cara untuk mengenalkan budaya Tanah Air kepada anak-anak adalah dengan mendongeng. Kegiatan yang biasanya dilakukan sebelum tidur itu juga dianggap mampu menguatkan imajinasi dan mempererat hubungan anak dengan orangtua.

Indonesia kaya akan dongeng dan cerita rakyat dari berbagai daerah di Nusantara. Selain itu, kisahnya pun sarat pesan moral yang bisa diajarkan kepada anak sejak dini.

Tak melulu lewat bacaan, kini orangtua bisa mengenalkan dongeng anak melalui video animasi menarik. Seperti pada kanal Dongeng Kita yang menyediakan berbagai animasi cerita rakyat Nusantara.

Kali ini, ada cerita rakyat berjudul Asal Mula Terjadinya Selat Bali. Ya, Laut sempit yang berada di antara Pulau Jawa dan Bali itu setiap hari dilalui kapal-kapal feri berukuran besar.

Saksikan Videonya Berikut Ini:

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Asal Usul

Asal Mula Selat Bali sendiri mengisahkan seorang brahmana sakti dan berbudi luhur bernama Sidi Mantra. Putra tunggalnya, Manik Angkeran memiliki tabiat buruk karena sering berjudi dan mencuri.

Suatu hari, Manik Angkeran mengunjungi Naga Besukih yang tinggal di kawah Gunung Agung untuk meminta harta. Berbekal bel yang dicuri dari ayahnya ketika sedang tidur, Manik Angkeran mampu memanggil sang naga.

Naga Besukih pun memberinya harta, dengan syarat ia harus mengubah perilaku buruknya. Namun karena keserakahannya, Manik Angkeran pun menebas ekor Naga Besukih yang ujungnya terdapat berlian besar.

Dari situ, Naga Besukih sangat murka dan mengubah Manik Angkeran menjadi abu. Sidi Mantra pun kuatir dan kembali mengunjungi Naga Besukih dan meminta anaknya kembali. Lalu, apa yang selanjutnya terjadi?

Saksikan cerita selengkapnya pada video di bawah ini. Atau bisa juga mengunjungi kanal Dongeng Kita yang ada di aplikasi dan situs streaming Vidio.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.