Sukses

Heboh Warga Blora Temukan Benda Mirip Rudal Kuno di Bengawan Solo

Liputan6.com, Blora - Sebuah benda menyerupai rudal kuno alias mortir peninggalan Belanda ditemukan warga di pinggiran Bengawan Solo, tepatnya di wilayah Sorogo RT 03 RW 07 Kelurahan Ngelo, Kecamatan Cepu, Kabupaten Blora, Jawa Tengah, Sabtu (27/6/2020) sekitar pukul 10.15 WIB.

Komandan Komando Rayon Militer (Koramil) Cepu, Kapten Infanteri Surana membenarkan adanya temuan benda mirip rudal kuno itu. Benda itu kali pertama ditemukan oleh Nanang (43) warga RT RT 01 RW 07 Kelurahan Ngelo saat sedang memancing ikan.

"Benar, tadi ada warga yang lapor menemukan benda mirip rudal," ucap Surana saat dihubungi melalui selularnya (28/6/2020).

Dia menyampaikan, usai menerima laporan dari warga pihak Koramil langsung berkoordinasi dengan Polsek Cepu untuk mengamankan lokasi ditemukannya benda mirip rudal kuno tersebut.

"Saya bersama anggota Bhabinsa, koordinasi dengan Polsek Cepu untuk melakukan olah TKP. Saat ini sudah dipasang police line untuk pengamanan," ujarnya.

2 dari 3 halaman

Rudal Balistik?

Surana menceritakan, kejadian ditemukannya benda mirip rudal tersebut awalnya saat si penemu, Nanang sedang memancing ikan dan melempar kail pancingnya. Seketika itu, kakinya tidak sengaja menginjak benda keras hingga berdarah.

Bersama temannya, Candra, Nanang lantas mengangkat benda tersebut. Mereka terkejut lantaran benda yang melukai kakinya itu mirip rudal peninggalan zaman Belanda.

Kemudian Candra melaporkan kejadian tersebut kepada Bhabinsa Kelurahan Ngelo Sertu Sutikno. Benda tersebut berukuran panjang ± 50 sentimeter, diameter ± 25 sentimeter, ekoran atau sirip empat buah. Jenisnya rudal balistik yang terpasang di pesawat atau lelicopter tempur.

Menurut Surana, pihak Koramil masih menunggu Tim Gegana Brimob Polda Jawa Tengah dari Semarang untuk penanganan benda tersebut.

"Hasil koordinasi Polsek Cepu dengan Tim Gegana Brimob Polda Jateng via telepon bahwa benda menyerupai rudal tersebut, karena lokasinya jauh dari pemukiman warga, direncanakan akan diledakkan di tempat," ucapnya.

3 dari 3 halaman

Simak Video Pilihan Berikut Ini: