Sukses

Website Masih Belum Bisa Diakses, Jadwal PPDB Sumbar Kembali Ditunda

Liputan6.com, Padang - Pendaftaran Peserta Didik Baru (PPDB) jenjang SMA di Sumatera Barat, kembali diperbarui karena website masih dalam proses perbaikan.

Awalnya PPDB online ini dibuka mulai 22 hingga 25 Juni 2020, tetapi pada hari pertama, website https://ppdbsumbar2020.id/ tidak bisa diakses.

Kemudian Dinas Pendidikan Sumbar mengeluarkan pengumuman, pendaftaran ditunda mulai 25 hingga 28 Juni 2020. Namun, pada 25 Juni, pihaknya kembali mengubah jadwal tersebut.

Dalam jadwal baru yang dikeluarkan Dinas Pendidikan Sumbar, PPDB dibuka kembali pada 29 Juni sampai 2 Juli 2020.

"Kami sedang melakukan analisa dan evaluasi menyeluruh terhadap gangguan teknis pada server," kata Ketua Panitia PPDB jenjang SMA di Sumbar Suryanto, Kamis (25/6/2020).

Jika website bisa diakses pada 29 Juni 2020, pengumuman hasil seleksi tahap pertama ini dilakukan 3 Juli 2020 dan daftar ulang 3 sampai 4 Juli 2020.

Skema PPDB online ini, merupakan pertama kali diadakan. Pada tahun sebelumnya pendaftaran dilakukan lewat formulir lalu data dimasukkan oleh operator, namun sekarang langsung oleh masing-masing siswa.

Bermasalahnya website PPDB ini sejak hari pertama pendaftaran, menjadi dilema bagi calon siswa dan orang tua yang cemas anaknya tidak bisa mendaftar sekolah.

Salah seorang orang tua calon siswa, Nasrul mengatakan hari pertama website PPDB memang tidak bisa diakses sama sekali, tetapi pada hari kedua mulai bisa diakses namun tidak lancar.

"Nah pada hari ke dua itu temannya anak saya bisa mendaftar dan sudah selesai pendaftarannya, kami jadi cemas dan bingung," ujarnya.

Ia menambahkan saat ini sudah dikeluarkan pengumuman oleh pihak terkait bahwa pendaftaran ditunda menjadi 29 Juni 2020, sehingga ia dan anaknya bisa bernafas lega.

2 dari 2 halaman

Saksikan juga video pilihan berikut ini: