Sukses

Jalur Lintas Solok Putus Total Akibat Longsor

Hujan deras dengan intensitas tinggi di sebagian Sumbar membuat jalan lintas utama Kabupaten Solok - Solok Selatan longsor.

Liputan6.com, Solok - Tingginya intensitas hujan beberapa hari terakhir di sebagian besar wilayah Sumatera Barat, menyebabkan jalan lintas utama Kabupaten Solok - Solok Selatan longsor dan terban hingga putus total.

Longsor terjadi di kawasan Aia Dingin, Lembah Gumanti Kabupaten Solok. Tidak hanya itu, peristiwa tersebut juga menyeret dua rumah warga.

"Iya longsor terjadi kemarin dari tebing sebelah kiri yang merupakan perbukitan, juga menyebabkan jalan terban hingga putus total," kata Kalaksa BPBD Kabupaten Solok, Armen kepada Liputan6.com, Senin (21/4/2020).

Menurutnya perbaikan jalan terban dan banyaknya material longsor membutuhkan waktu lebih dari tiga hari agar bisa dilewati. Jalan itu merupakan akses satu-satunya yang menghubungkan Kabupaten Solok dan Solok Selatan.

Kawasan longsor itu merupakan bekas tambang galian C, sehingga material longsor berupa bebatuan dan petugas harus bekerja ekstra untuk memperbaikinya.

Setidaknya jalan yang terban sepanjang 15 meter. Armen mengaku untuk memperbaiki jalan seperti semula butuh waktu yang lama, sementara diperbaiki agar bisa dilewati dulu.

Dalam kejadian ini tidak ada korban jiwa. Namun terputusnya akses jalan akan menyebabkan dampak bagi masyarakat yang terisolir untuk mendapatkan pasokan makanan.

"Ada dua desa yang terisolir akibat kejadian ini," jelasnya.

Di lokasi, saat ini dikerahkan 4 alat berat untuk membersihakan material longsor, agar jalan bisa dilalui setidaknya oleh sepeda motor.

"Kerugian dan bantuan untuk masyarakat terdampak sedang didata," katanya menambahkan.

 

**Ayo berdonasi untuk perlengkapan medis tenaga kesehatan melawan Virus Corona COVID-19 dengan klik tautan ini.

Saksikan juga video pilihan berikut ini:

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.