Sukses

Menyulap Balai Teknik Kesehatan Manado Jadi Lab Tes Sampel Covid-19

Simak juga video pilihan berikut:

Sebagai langkah penanganan pandemi Covid-19 di Sulut, pemerintah daerah bersama Kementerian Kesehatan (Kemenkes) RI menyiapkan laboratorium (lab) khusus. Kantor Balai Teknik Kesehatan Lingkungan Pencegahan Penyakit (BTKLPP) Manado bakal dijadikan lab tersebut.

"Ada banyak langkah dan program yang dilakukan oleh Pemprov Sulut dalam pencegahan dan penanganan Covid-19 di daerah ini. Termasuk pengadaan lab khusus," ungkap Juru Bicara Gugus Tugas Covid-19 Provinsi Sulut Jemmy Kumendong, Selasa, 07 April 2020.

BTKLPP Manado merupakan Unit Pelaksana Teknis Kemenkes RI yang dinilai layak untuk dijadikan sebagai lab tes sampel. Meski tetap harus memenuhi standar yang ditentukan.

Gubernur Sulut Olly Dondokambey mengatakan, pengadaan lab khusus tes Covid-19 di Sulut memang menjadi kebutuhan karena selama ini sampel tes harus dikirim ke Jakarta.

"Hal itu menyebabkan kita terlambat mengetahui hasil tes dari pasien terkair Covid-19," ujarnya.

Sekretaris Satgas Covid-19

Provinsi Sulut dr Steaven Dandel mengungkapkan, pihaknya harus menunggu sekitar 7-8 hari untuk mengetahui hasil tes sampel yang harus dikirim ke Jakarta.

"Jika sudah ada lab khusus di Manado, tentu dengan cepat kita bisa mendapatkan hasil, sekaligus penanganannya," ujar Dandel.