Sukses

Resmi Dibuka, Jarak Tempuh Tol Kayu Agung-Palembang Hanya 20 Menit

PT Waskita Toll Road resmi membuka tol Trans Sumatera ruas Kayu Agung-Palembang Sumatera Selatan (Sumsel), dengan nontarif hingga waktu yang ditentukan.

Liputan6.com, Palembang - Salah satu ruas Tol Trans Sumatera yaitu di jalur Kayu Agung-Palembang-Betung pada hari Rabu (1/4/2020) resmi dibuka.

Para pengendara roda empat bisa melalui infrastruktur megaproyek ini, secara cuma-cuma. Bahkan, jarak tempuh dari Kayu Agung Kabupaten Ogan Komering Ilir (OKI) Sumsel tersebut menuju ke Kota Palembang, hanya selama 20 menitan saja.

Jarak tempuh ini cukup memangkas waktu perjalanan, yang sebelumnya para pengendara mobil harus menempuh Jalan Lintas Timur (Jalintim) ini hingga 2 jam.

Pengoperasian ruas Tol Trans Sumatera ini, berdasarkan Keputusan Menteri Pekerjaan Umum Perumahan Rakyat (PUPR) Nomor 302 /KPTS/M/2020 tertanggal 30 Maret 2020.

Diungkapkan Direktur Utama PT Waskita Toll Road (WTR) Herwidiakto, dengan peresmian ruas tol sepanjang 29.39 Kilometer (Km), termasuk akses simpang susun Kayu Agung tersebut menambah aset perusahaan menjadi 8 ruas tol.

"Konstruksi ini sendiri menggunakan sistem vakum. Opsi tersebut dilakukan karena jalan tol Kayu Agung-Palembang dibangun diatas 90 persen lahan rawa. Proyek ini membutuhkan waktu hingga 4 tahun pengerjaan," ujarnya.

Konstruksi ruas Tol Kayu Agung-Palembang ini, dimulai sejak Bulan Agustus 2016. Yang terdiri dari 3 seksi, yaitu seksi Kayu Agung–Palembang melewati kawasan Jakabaring Palembang, yang dioperasikan nontarif. Lalu seksi Jakabaring–Musillandas dan seksi Musillandas–Betung.

Diakuinya, ruas tol Kayu Agung – Palembang ini, belum tersedia rest area. Karena tempat beristirahat tersebut, dibangun di ruas tol yang panjangnya 50 Km.

“Kemungkinan akan dibangun bersamaan dengan pembangunan ruas Palembang–Betung nantinya," katanya.

Deputi Pembangunan PT WTR Yusuf Ar Rosadi mengungkapkan, kendati perusahaan mengejar profit, namun perusahaan tersebut justru ikut mematuhi aksi tidak mudik dan tidak piknik pada musim lebaran tahun 2020 ini.

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Respon Positif Warga

"Langkah tersebut sebagai salah satu cara memutus mata rantai virus Covid-19. Mari kita bersama-sama memutus mata rantai Virus Covid-19 terbarukan ini," ucapnya.

Pembukaan ruas Tol Kayu Agung – Palembang ini, mendapat respon antusias dari para warga Sumsel.

"Dari Palembang ke Kayuagung cuma 20 menit. Berangkat dari Palembang pukul 07.50 WIB, sampai di Kayu Agung sekitar pukul 08.10 WIB," kata Ratna, salah satu warga Palembang.

Bankir di Kayu Agung tersebut mengaku senang, dengan dibukanya ruas tol yang merupakan salah satu rangkaian Jalan Tol Trans Sumatera ini.

Menurutnya, infrastruktur Tol Trans Sumatera ini membuat perjalanan dinasnya semakin mudah. Sebelumnya, dia harus menempuh perjalanan selama 1,5 jam dari Palembang ke Kayu Agung.

"Saya sangat senang dengan adanya tol Kayuagung-Palembang ini, apalagi belum diberlakukan tarif,” ucapnya.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini