Sukses

Baru Pulang dari Eropa, Warga Sulawesi Utara Positif Corona Covid-19

Liputan6.com, Manado - Tim Gugus Tugas Percepatan Penanganan Covid-19 Provinsi Sulawesi Utara mengumumkan secara resmi adanya penambahan pasien yang terkonfirmasi positif mengidap Virus Corona Covid-19. Sehingga total jumlah pasien positif Covid-19 di Sulawesi Utara menjadi 3 orang.

“Sebelumnya pasien ini terdeteksi Sascov-2. Namun setelah hasil tes keluar, yang bersangkutan positif Covid-19,” kata Sekretaris Tim Gugus Tugas Percepatan Penanganan Covid-19 Provinsi Sulawesi Utara, dr Steaven Dandel, Rabu (1/4/2020).

Dandel menjelaskan bahawa pasien perempuan berusia 39 tahun ini memiliki riwayat perjalanan dari Eropa pada pertengahan Maret 2020 silam. Setelah tiba di Kota Manado dia kemudian sakit dan dirujuk ke ruang isolasi RSUP Prof Kandou Manado sebagai Pasien Dalam Pengawasan (PDP).

“Setelah sampel diambil, hari Minggu kemarin hasilnya sudah keluar terkonfirmasi positif Covid-19,” ujarnya.

Dandel mengatakan, untuk mengantisipasi simpang siurnya informasi di masyarakat, pasien itu memiliki Kartu Tanda Penduduk (KTP) Kota Tomohon. “Namun saat pulang dari luar negeri, tidak ke Tomohon melainkan tinggal di rumahnya di Manado,” ujarnya.

Setelah ditelusuri, pasien ini memiliki kontak erat resiko tinggi dengan 7 orang, dan sudah diperiksa. Dari hasil itu ada 3 orang yang reaktif. “Namun reaktif ini bukan berarti positif Covid-19, sehingga akan dilanjutkan dengan swab test untuk menjawab. Kalau ada virus maka mereka positif,” jelas Dandel.

Hingga kini, PDP di Sulawesi Utara berjumlah 18 orang, hasil laboraturium 2 pasien diantaranya menunjukan negatif namun masih diisolasi. Sedangkan untuk ODP berjumlah 359.

“Dua kali swab tes menunjukan dua pasien itu hasilnya negatif, sehingga mungkin besok dikeluarkan dari ruang isolasi,” Dandel memungkasi

2 dari 2 halaman

Saksikan juga video pilihan berikut: