Sukses

Suhu Tubuh Diperiksa Saat Masuk Area Kantor PTPN IV di Medan

Pemeriksaan suhu tubuh dilakukan bagi pengunjung maupun pegawai saat masuk ke area Kantor PT Perkebunan Nusantara (PTPN) IV di Jalan Suprapto, Kecamatan Medan maimun, Kota Medan, Sumatera Utara (Sumut).

Liputan6.com, Medan Pemeriksaan suhu tubuh dilakukan bagi pengunjung maupun pegawai saat masuk ke area Kantor PT Perkebunan Nusantara (PTPN) IV di Jalan Suprapto, Kecamatan Medan Maimun, Kota Medan, Sumatera Utara (Sumut).

Di pintu masuk kantor anak perusahaan Badan Usaha Milik Negara (BUMN) tersebut, petugas medis dari PT Prima Medica Nusantara, anak perusahaan PTPN IV, siap siaga untuk melakukan pemeriksaan suhu tubuh bagi siapapun yang hendak masuk.

Sekretaris Perusahaan PTPN IV, Riza Fahlevi mengatakan, tindakan tersebut dilakukan pihaknya untuk mengantisipasi dan mencegah penyebaran virus corona COVID-19. Pemeriksaan suhu tubuh dilakukan dengan non contact infrared thermometer.

Para tamu yang berkunjung dan karyawan setelah melewati palang pintu masuk Kantor PTPN IV, harus turun dari kendaraannya untuk dilakukan pemeriksaan suhu tubuh. Kemudian dilakukan pengecekan pada lidah, rongga mulut, dan tenggorokan.

“Pemeriksaan dilakukan sejak pagi tadi. Setiap orang tamu yang masuk ke area kantor kita diperiksa kondisi suhu tubuhnya oleh tenaga medis,” kata Riza, jumat (6/3/2020).

Diungkapkannya, jika ditemukan karyawan atau pengunjung yang suhu tubuhnya di atas 37 derajat Celcius, akan diberikan masker gratis. Langkah antisipatif ini dilakukan mulai Kamis, 5 Maret 2020, dan dilaksanakan mulai pukul 07.30 WIB hingga sore hari.

“Di awal sudah berjalan selama dua hari, kemudian dievaluasi,” jelasnya.

Selain melakukan pemeriksaan menggunakan non contact infrared thermometer, tim medis juga mewawancarai tentang adakah keluhan sakit pada tenggorokan, sesak nafas, maupun terkait suhu tubuh.

“Setiap yang suhu tubuhnya 37 derajat, langsung diberikan masker. Pemeriksaan ini pekerjaan yang baik bagi diri pribadi masing-masing maupun lingkungan sekitar,” ungkapnya.

Tidak hanya di Kantor PTPN IV, pengecekan suhu tubuh juga dilakukan oleh sejumlah pusat keramaian di Kota Medan. Tindakan ini dilakukan setelah Presiden Joko Widodo atau Jokowi mengumumkan ada Warga Negara Indonesia (WNI) positif corona, Senin, 2 Maret 2020.

Call Center

Pemerintah Provinsi (Pemprov) Sumut melalui Dinas Kesehatan mengaktifkan layanan telepon terpusat atau call center mengenai penanganan virus corona COVID-19.

Pada Kamis, 5 Maret 2020, Kepala Dinas Kesehatan Sumut, Alwi Hasibuan mengatakan, layanan ini disediakan untuk masyarakat yang ingin bertanya seputar gejala virus corona.

“Layanan call center bernomor 0821-6490-2482. Masyarakat bisa bertanya informasi gejala dan rumah sakit rujukan bila terindikasi mengalami gejala corona,” sebutnya.

Dinkes Sumut juga akan mengonsolidasikan tim khusus yang akan dibentuk di 33 Kabupaten/Kota di Provinsi Sumut. Tujuannya mempersiapkan hal teknis yang diperlukan untuk penanganan bagi masyarakat bila ada terindikasi corona.

“Antisipasi, semakin diperketat di sejumlah jalur masuk dan keluar, seperti bandara melalui alat thermo scanner, health alert card, dan ruang observasi khusus,” Alwi menerangkan.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini