Sukses

4 Jajanan Murah Meriah di Pantai Padang yang Bikin Ketagihan

Belum seru jika menjelejahi keindahan alam Indonesia tanpa menyicip kenikmatan kulinernya. Di Pantai Padang, banyak kuliner murah meriah yang bikin ketagihan.

Liputan6.com, Padang - Berwisata ke Pantai Padang, Sumatera Barat, bukan hanya bisa melihat keindahan panorama alam yang memesona. Di pantai yang terkenal dengan sebutan Taplau (Tapi Lauik) ini, wisatawan juga bisa menikmati jajanan enak apalagi harganya murah meriah.

Berikut 4 jajanan khas murah meriah di sekitar destinasi wisata Pantai Padang yang bikin ketagihan, seperti yang dirangkum tim Liputan6.com, Rabu (15/1/2020). 

Langkitang

Langkitang hampir mirip dengan keong, namun cangkang langkitang sedikit lebih panjang dan ramping. Biasanya langkitang dimasak dengan kuah gulai dan sedikit pedas.

Dengan harga hanya Rp5 ribu per porsi, langkitang siap menemani anda menikmati keindahan Pantai Padang.

Sensasi lain ketika menikmati langkitang adalah cara memakannya, yakni dengan dihisap atau dalam bahasa Minangkabaunya disebut "cucuik". Anda harus menghisap langkitang untuk mengeluarkan dagingnya dari cangkang.

Mungkin bagi yang pertama kali mencoba cukup sulit, namun jika sudah berhasil maka selanjutnya akan mudah.

Seperti wisatawan asal Kota Medan saat mencoba langkitang di Pantai Padang, Amelia Simare Mare (24) mengatakan jajanan langkitang baru dijumpainya di Pantai Padang.

"Iya awalnya saya kesulitan mengeluarkan isinya dari cangkang, tapi akhirnya berhasil dan rasanya enak," ujarnya.

 

Simak juga video pilihan berikut ini:

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

Pensi

Pensi adalah penganan yang diolah dari kerang air tawar seperti danau. Ukurannya kecil, kulit atau cangkangnya berwarna hitam, ada juga hitam kekuning-kuningan.

Di Pantai Padang pensi yang diolah dengan beberapa varian seperti dimasak dengan kuah gulai dan juga ditumis. Sama dengan langkitang, satu porsi pensi juga dihargai Rp5 ribu saja.

 

3 dari 4 halaman

Kerupuk Mi Kuah

Selain langkitang dan pensi, jajanan ini juga salah satu primadona wisata kuliner di Pantai Padang. Kerupuk dengan bihun yang sudah diberi bumbu kemudian diberi kuah sate berwarna kuning siap disajikan jika berkunjung ke Taplau. Rasanya yang gurih akan membuat tagih.

Harganya juga sama dengan langkitang dan pensi, yakni Rp5.000 satu porsi. Kerupuk mie akan bertambah nikmat bila disantap sambil bergurau dengan teman-teman.

 

 

4 dari 4 halaman

Kelapa Muda

Mungkin sajian es kelapa muda sudah tidak asing lagi jika berwisata ke daerah pesisir. Apalagi di tengah cuaca terik, minuman ini cukup menyegarkan tenggorokan.

Di Pantai Padang tidak sulit menemukannya. Sepanjang pantai kelapa muda banyak dijual, penyajiannya juga tergantung selera. Bisa kelapa muda murni tanpa dicampur bahan lain dan langsung disajikan dengan batoknya. Ada juga dengan ditambah susu atau jeruk misalnya.

Harganya juga tergantung variasi rasa yang dipesan, es kelapa murni biasa dihargai Rp5 ribu per buah, jika ditambah susu atau jeruk rata-rata dijual Rp9 ribu atau Rp10 ribu.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.