Sukses

Ikan-Ikan Mendadak Naik ke Daratan di Gorontalo, Pertanda Gempa?

Fenomena alam langka terjadi di wilayah Perairan Gorontalo, tepatnya di Kompleks Pelabuhan Gorontalo pada Senin (6/1/2020). Ikan-ikan mendadak berlompatan di pinggir laut menuju ke daratan.

Liputan6.com, Gorontalo - Fenomena alam langka terjadi di wilayah Perairan Gorontalo, tepatnya di Kompleks Pelabuhan Gorontalo pada Senin (6/1/2020). Ikan-ikan mendadak berlompatan di pinggir laut menuju ke daratan.

Kejadian itu sempat membuat heboh masyarakat setempat. Tak jarang warga yang melihat itu langsung berusaha menangkap ikan-ikan tersebut.

Penelusuran awak Liputan6.com, ikan yang muncul ke daratan berjenis ikan layang atau dalam bahasa Gorontalo disebut ikan oci. Fenomena alam langka ini sempat direkam seseorang, dan viral di media sosial. Beragam isu dan kabar burung pun bergulir, ada yang menyebut naiknya ikan-ikan ke daratan tersebut sebagai satu pertanda datangnya bencana.

Badan Klimatologi dan Geofisika (BMKG) Gorontalo, Arimi Pratiwi kepada Liputan6.com, Selasa (7/1/2020) langsung membantah kabar burung itu. Peristiwa ikan-ikan naik ke permukaan laut baginya merupakan fenomena alam yang biasa.

"Kemungkinan besar hal itu disebabkan oleh suhu air laut yang tinggi, salinitas dan adanya pencemaran air. Sehingga ikan-ikan tersebut kekurangan oksigen makanya mereka naik ke darat," ungkapnya.

Dirinya menegaskan naiknya ikan-ikan ke permukaan tidak ada kaitannya dengan akan datang bencana gempa dan tsunami.

"Ini hanya kejadian biasa saja terjadi," tandasnya.

Simak juga video pilihan berikut ini:

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.