Sukses

3 Oleh-Oleh Wajib dari Salatiga

Liputan6.com, Salatiga - Salatiga merupakan kota kecil yang terletak di antara tiga kota besar, yakni Semarang, Solo, dan Yogyakarta. Seperti daerah lain, Salatiga juga memiliki camilan khas yang bisa jadi oleh-oleh. Jika Anda bertandang ke Salatiga, jangan lupa tenteng tiga camilan ini untuk oleh-oleh.

Singkong keju

Singkong keju merupakan makanan khas Salatiga yang paling menonjol di sentra-sentra oleh-oleh kota setempat. Camilan ini terbuat dari bahan dasar pohong.

Memang benar makanan ini bernama singkong keju, tetapi ternyata bahan dasarnya bukan dari singkong dan keju. Makanan yang memiliki tekstur gurih nan lembut tersebut tidak harus singkong dan keju sebagai bahan dasarnya. Kadang kala keju hanya sebagai topping yang ditabur di atas singkongnya.

Jika ingin menikmati singkong keju tersebut tidak perlu susah-susah mencarinya. Perumahan di komplek ABC yang terletak tidak jauh dari pusat kota tersebut menyediakan camilan dengan berbagai varian rasa sesuai selera pembeli.

Tingting gepuk

Sekilas tampak asing membaca kuliner yang satu ini, seperti makanan dari luar negeri. Memang benar, makanan ini berasal dari Tiongkok. Namun, setelah ditelusuri ternyata makanan ini juga menjadi makanan khas Kota Salatiga.

Makanan ini mempunyai ciri khas yakni kacang lebih banyak dibandingkan dengan gula merahnya. Urusan rasa jangan ditanya lagi pastinya sangat renyah. Sedangkan, dalam hal cara pengemasannya pun dapat dibilang sangat unik.

Ting-ting gepuk ini dibungkus dengan kemasan mini, sehingga sekali makan langsung habis. Tujuannya tidak lain agar penikmat tidak mudah merasa mual dan bosan.

Gula kacang

Memang gampang ditebak, dari namanya saja sudah terlihat seperti apa nama makanan ini. Camilan khas Salatiga ini terbuat dari perpaduan antara kacang tanah dan gula merah. Camilan tradisional ini pemasarannya sudah mencapai luar provinsi bahkan luar pulau.

Untuk mendapatkan gula merah ini tidak begitu sulit. Beberapa perumahan sudah memproduksi gula kacang. Beberapa dari penikmat mengungkapkan rasa dari gulo kacang ini ada rasa anget-angetnya seperti jahe. Jadi banyak di antara mereka menggunakan makanan gula kacang untuk camilan ketika di malam hari saat suhu dingin.

Jadi kapan mampir Salatiga? Jangan lupa beli tiga camilan itu.

-----

Lakna Tulas 'UN, mahasiswa KPI Jurnalistik IAIN Salatiga / campus citizen journalist

 

Simak video pilihan berikut ini:

Loading
Artikel Selanjutnya
Saran Langkah Revisi UU KPK dari Salatiga