Sukses

Buset, Limbah Minyak Mentah Nongol Lagi di Pesisir Utara Karawang

Nelayan di pesisir utara Karawang kembali dibuat resah dengan kemunculan limbah minyak mentah yang mengotori perairan mereka.

Liputan6.com, Karawang -  Nelayan di pesisir utara Karawang kembali dibuat resah dengan kemunculan limbah minyak mentah yang mengotori perairan mereka. 

"Sudah mendapat laporan dari nelayan muncul kembali tumpahan minyak di pantai Karawang," kata Kepala Dinas Kelautan dan Perikanan (DKP) Karawang Hendro Subroto, Jumat (15/11/2019).

Hendro menerangkan pihaknya sudah melaporkan kembali munculnya tumpahan minyak di perairan Karawang kepada pihak Pertamina.  Kata pihak Pertamina, minyak mentah itu muncul akibat tumpahan lama yang sebelumnya menempel di sekitar anjungan milik perusahaan milik negara itu.

"Sudah ada koordinasi dengan pihak pertamina," katanya.

Hendro mengatakan, saat ini pihak Pertamina sedang turun ke lapangan bersama tim dari Dinas Kelautan untuk membersihkan sisa tumpahan minyak yang sudah masuk ke pantai. Dalam prosesnya pembersihan sisa tumpahan minyak itu membutuhkan waktu, apalagi yang sudah menempel di terumbu karang. Namun, pihaknya memastikan tidak ada kebocoran lagi dan meminta nelayan tidak perlu khawatir.

"Pihak Pertamina sudah turun ke lapangan untuk melakukan pemantauan dan pembersihan tumpahan minyak," katanya.

Hendro sendiri memastikan, ada jaminan dari Pertamina, untuk segera melakukan proses pembersihan dan Dinas Kelautan akan terus melakukan pemantauan di sekitar perairan Karawang.

"Kita masih terus mengawasi dan mengambil tindakan yang terbaik untuk nelayan agar mereka bisa melaut dengan aman dan nyaman," katanya.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.