Sukses

PODCAST: Bahasa Indonesia Pemersatu Bangsa

Liputan6.com, Jakarta - Bulan Oktober dikenal bukan hanya sebagai bulan peringatan Sumpah Pemuda. Akan tetapi, pada Oktober juga diperingati sebagai Bulan Bahasa. Seperti diketahui pada poin ketiga isi Sumpah Pemuda adalah menjunjung tinggi bahasa persatuan, yaitu bahasa Indonesia.

Ternyata, bahasa Indonesia dipilih menjadi bahasa persatuan bukan tanpa alasan. Hal ini mengingat kembali sejarah Indonesia. Bahasa Indonesia merupakan bahasa Melayu yang sejak abad ke-18 sudah menjadi bahasa pergaulan di Indonesia (lingua franca).

Karena dikenal luas dan mudah dipelajari, maka bahasa Melayu dipilih sebagai bahasa persatuan. Selain juga karena lebih mudah dan mudah diterima oleh semua kalangan.

Usulan bahasa Melayu sebagai bahasa persatuan tak lepas dari tokoh Muhammad Yamin. Namun, usulan tersebut sempat ditolak oleh Tabrani, yang meminta bahasa Melayu disebut sebagai bahasa Indonesia. Setelah hadapi debat dan diskusi panjang baru, poin ketiga isi pemuda untuk menjunjung bahasa persatuan, yaitu bahasa Indonesia, diikrarkan pada Kongres Sumpah Pemuda II 1928. Hal ini menunjukkan bagaimana para pemimpin Indonesia yang visioner mengenai bahasa persatuan, yaitu bahasa Indonesia.

Bagaimana perbincangan mengenai sejarah bahasa Indonesia? Bagaimana peranan dan jumlah bahasa daerah di Indonesia? Bagaimana melestarikan bahasa ibu? Simak di Podcast di bawah ini bersama Editor Regional Ibo dan Editor Bahasa Fadjriah Nurdiarsih

 

 

Loading
Artikel Selanjutnya
PODCAST: Tips Mencegah Pelecehan Seksual Saat Menonton Konser
Artikel Selanjutnya
PODCAST: Geger Bayi di Bogor Digerogoti Tikus Got Saat Tidur